Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan dan Kinerja Keuangan (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017)

Safira, Helda (2019) Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan dan Kinerja Keuangan (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Corporate Social Responsibility merupakan suatu bentuk tanggung jawab moral perusahaan kepada para stakeholdernya. Dampak dari kegiatan operasional perusahaan harus dapat dipertanggungjawabkan sebagai bentuk tanggung jawab sosial pada stakeholder. Penerapan corporate social responsibility yang dilakukan oleh perusahaan dengan baik akan memberikan manfaat dalam meningkatkan nilai perusahaan dimata investor yang akan mempengaruhi kinerja keuangan. Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan, (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan, (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh nilai perusahaan terhadap kinerja keuangan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Sampel penelitian ini sebanyak 24 perusahaan yang di pilih menggunakan metode purposive sampling. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang berupa laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan dalam sektor industri barang konsumsi periode 2015-2017. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS (Partial Least Square) dengan menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) corporate social responsibility berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan, (2) corporate social responsibility berpengaruh signifikan dan negatif terhadap kinerja keuangan yang didukung oleh analisis statistik deskriptif yang menunjukkan arah yang berlawanan pada indikatornya, (3) nilai perusahaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja keuangan.

English Abstract

Corporate social responsibility is a form of corporate moral responsibility to stakeholders. The impact of the company’s operational activities must be accountable as a form of social responsibility to stakeholders. Proper implementation of CSR by a company will provide benefits in increasing firm value in front of investors which will affect financial performance. The purpose of this research was to (1) determine and explain the effect of corporate social responsibility on firm value, (2) determine and explain the effect of corporate social responsibility on financial performance, (3) determine and explain the effect of firm value on financial performance. The type of research used in this study is explanatory research with quantitative approach. The object of this research is the consumer goods industry sector companies listed on Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2015-2017. The sample of this research are 24 companies selected using purposive sampling method. The data analysis technique used in this research is Partial Least Square (PLS) by using SmartPLS. The result of this research shows that (1) corporate social responsibility has a significant and positive effect on firm value, (2) corporate social responsibility has significant and negative effect on financial performance which is supported by descriptive statistical analysis that shows the opposite direction of the indicator, (3) firm value has significant and positive effect on financial performance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/696/051911167
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Kinerja Keuangan-Corporate Social Responsibility, Firm Value, Financial Performance
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 654.408 Social Responsibility of Management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Nov 2020 14:01
Last Modified: 21 Oct 2021 03:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177201
[thumbnail of Helda Safira.pdf]
Preview
Text
Helda Safira.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item