Upaya Pemimpin dalam Peningkatan Kapasitas Aparatur Sipil Negara (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malang)

Seftyardy, Jefrycho (2019) Upaya Pemimpin dalam Peningkatan Kapasitas Aparatur Sipil Negara (Studi Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemimpin merupakan kemampuan untuk mempengaruhi, menggerakkan dan mengarahkan suatu tindakan pada diri seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Proses kepemimpinan didalam organisasi tidak semuanya berjalan dengan optimal adapun yang menjadi hambatan yakni rendahnya kualitas kapasitas pegawai sehingga berdampak dalam tugas pokok dan fungsinya sehingga seorang pemimpin yang dapat memberikan dukungan stimulan maupun motivasi untuk meningkatkan kapasitas bawahan. Seorang pemimpin berupaya untuk meningkatkan kemampuan pegawai lebih kompeten dengan cara mengikutkan pegawai dalam bimbingan teknis dan pelatihan-pelatihan sehingga mempunyai kualitas pegawai yang berkompeten. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kabupaten Malang, sedangkan situsnya berada di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malang. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dari informan yang berkaitan dengan penelitian, sedangkan data sekunder didapat dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan topic penelitian. Teknik pengumpulan data melalui, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara dan alat bantu lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pemimpin dalam peningkatan kapasitas aparatur sipil negara di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malang, upaya pemimpin berdampak pada kapasitas aparatur sipil negara dalam melaksanakan tugas melalui penguatan organisasi dan reformasi kelembagaan akan tetapi pada pengembangan sumber daya manusia berlawanan dengan teori yang ada. Adapun yang menjadi faktor pendukung upaya pemimpin dalam peningkatan kapasitas aparatur sipil negara adalah dukungan pemimpin, hubungan pimpinan dan bawahan bersifat kekeluargaan dan faktor penghambatnya yakni anggaran yang terbatas.

English Abstract

The leader is the ability to influence, move and direct an action on a person or group to achieve predetermined goals. The process of leadership in the organization does not all run optimally while the obstacles are the low quality of employee capacity so that it impacts on the main tasks and functions so that a leader can provide stimulant support and motivation to increase the capacity of subordinates. A leader tries to improve the ability of more competent employees by involving employees in technical guidance and training so that they have competent employee quality. This research uses a descriptive research type with a qualitative approach located in Malang Regency, while the site is in the Office of Investment and One Stop Integrated Services of Malang Regency. Primary data sources were obtained from interviews from informants relating to research, while secondary data were obtained from documents related to research topics. Data collection techniques through, interviews, observation and documentation. While the research instrument is the researcher himself, and several supporting tools such as interview guidelines and other aids. The results of this study indicate that the efforts of leaders in increasing the capacity of the state civil apparatus in the Office of Investment and Integrated Services of One Door Malang Regency, the efforts of leaders have an impact on the capacity of the state civil apparatus in carrying out tasks through organizational strengthening and institutional reform but on developing human resources with existing theories. As for the factors that support the efforts of leaders in increasing the capacity of the state civil apparatus is the support of leaders, the relationship between leaders and subordinates are familial and the inhibiting factor is the limited budget.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/730/051911200
Uncontrolled Keywords: Pemimpin, Peningkatan Kapasitas-Leader, Capacity Building.
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social Processes > 303.3 Coordination and control > 303.34 Leadership
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Nov 2020 09:23
Last Modified: 21 Oct 2021 02:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177134
[thumbnail of Jefrycho Seftyardy.pdf]
Preview
Text
Jefrycho Seftyardy.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item