Studi Fenomenologi: Makna Pengalaman Keluarga dalam Memberikan Dukungan pada Proses Rehabilitasi Remaja dengan Penyalahgunaan NAPZA di Kota Malang.

Azmi, Yabani (2018) Studi Fenomenologi: Makna Pengalaman Keluarga dalam Memberikan Dukungan pada Proses Rehabilitasi Remaja dengan Penyalahgunaan NAPZA di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyalahgunaan NAPZA yang dilakukan anggota keluarga akan memberikan dampak yang buruk bagi keluarga dan orang-orang terdekat. Keluarga yang mempunyai anak pengguna NAPZA akan mengalami berbagai beban diantaranya adalah beban fisik, ekonomi, sosial, dan psikologis. Di tengah semua permasalahan yang dihadapi, keluarga harus tetap memberikan dukungan pada anggota keluarga karena tidak banyak dari individu dengan ketergantungan NAPZA punya keinginan sembuh yang datang dari dalam dirinya sendiri. Lebih banyak pengguna membutuhkan dukungan keluarga disamping mempunyai tekad yang kuat dari dalam dirinya untuk lepas dari ketergantungan NAPZA. Oleh karena itu, peran keluarga merupakan hal yang sangat penting dalam mendukung proses pumulihan yang dijalani oleh anggota keluarga. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi makna pengalaman keluarga dalam memberikan dukungan pada proses rehabilitasi anggota keluarga dengan penyalahgunaan NAPZA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang bersifat interpretif, dan melibatkan 6 orang partisipan yang merupakan keluarga yang mendampingi anggota keluarga dalam menjalani proses rehabilitasi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam (in-depth interview). Analisa data yang digunakan yaitu Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Tema yang diperoleh dari hasil analisa data, yaitu: 1) Menyadari pengawasan yang kurang maksimal menjadi penyebab penyalahgunaan NAPZA, 2) Menyadari adanya perubahan perilaku akibat penyalahgunaan NAPZA, 3) Merasa tidak memahami tentang proses rehabilitasi, 4) Setia dalam mendampingi anggota keluarga menjalani proses rehabilitasi, 5) Ikhlas menerima kenyataan yang terjadi, 6) Menguras pikiran, emosi, dan waktu, 7) Berharap anggota keluarga menjalani kehidupan yang lebih baik. Pengalaman keluarga dalam memberikan dukungan pada proses rehabilitasi anggota keluarga diperngaruhi oleh persepsi, tindakan dan perasaannya selama mendampingi anggota keluarga menjalani rehabilitasi. Makna pengalaman keluarga adalah setia dalam mendampingi anggota keluarga menjalani rehabilitasi. Keluarga bertanggung jawab dalam menjalankan perannya dengan berusaha meningkatkan kekuatan diri serta membangun harapan untuk meningkatkan kualitas hidup anggota keluarga.

English Abstract

Narcotic drugs and psychotropic substance abuse committed by family members will have a devastating effect on the family and the people closest to you. Families who have children using drugs will experience various burdens such as physical, economic, social and psychological burden. In the midst of all the problems faced, the family must continue to provide support to family members because not many of the individuals with drug dependence have a cured desire that comes from within itself. More users need family support in addition to having a strong determination from within themselves to escape from drug dependence. Therefore, the role of the family is very important in supporting the rehabilitation process undertaken by family members. The purpose of this study is to explore the meaning of family experience in providing support to the rehabilitation process of family members with drug abuse. This research uses qualitative method with interpretive phenomenology approach, and involves 6 participants. Data collection using in-depth interview technique using interview guideline. Data analysis used is Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Themes derived from the results of data analysis, namely: 1) Recognizing the lack of supervision is the maximum cause of drug abuse, 2) Recognizing the behavior change due to drug abuse, 3) Feeling not understanding about the rehabilitation process, 4) Faithful in accompanying family members through the rehabilitation process, 5) Willing to accept the fact that happened, 6) drain the mind, emotion, and time, 7) Hope family member lead a better life. Family experience in providing support to the rehabilitation process of family members is faithful in accompanying family members through the rehabilitation process. The family as the smallest unit of a community group has the role and function to deliver family members to live a better life.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: TES/362.293/AZM/s/2018/041808836
Uncontrolled Keywords: DRUG ADDICTS-REHABILITATION, DRUG ABUSE-REHABILITATION
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.2 People with mental illness and disabilities > 362.29 Substance abuse > 362.293 Narcotics
Divisions: S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Dec 2019 02:37
Last Modified: 21 Oct 2021 01:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177079
[thumbnail of Yabani Azmi (2).pdf]
Preview
Text
Yabani Azmi (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item