Analisis Strategi Pemasaran Industri Kecil Menengah (IKM) Alas Kaki dan Sepatu Untuk Meningkatkan Penjualan(Studi pada IKM alas kaki dan sepatu Mulya Jaya di Desa Blooto Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto)

Andhitya, Dhimas Yogie (2019) Analisis Strategi Pemasaran Industri Kecil Menengah (IKM) Alas Kaki dan Sepatu Untuk Meningkatkan Penjualan(Studi pada IKM alas kaki dan sepatu Mulya Jaya di Desa Blooto Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai analisis strategi pemasaran Industri Kecil Menengah alas kaki dan sepatu untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan pasar, pangsa pasar relatif dan strategi pemasaran yang akan di ambil untuk IKM alas kaki dan sepatu Mulya Jaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada analisis penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada industri kecil menengah alas kaki dan sepatu Mulya Jaya di Jl. Blooto Gang Baru Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto. Sumber data dari penelitian ini adalah informan, dokumen dan peristiwa. Teknik pengambilan data menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan studi kepustakaan (library research). Instrument penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data adalah peneliti sendiri, pedoman wawancara dan catatan lapangan (field note). Teknik analisis data pada penelitian ini adalah metode analisis Boston Consulting Group (BCG), untuk menganalisis pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif agar dapat menentukan strategi pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis matriks BCG dari volume penjualan IKM alas kaki dan sepatu Mulya Jaya dan IKM alas kaki dan sepatu Zahran pada tahun 2017 dan pada tahun 2018. Maka posisi matriks BCG IKM alas kaki dan sepatu Mulya Jaya adalah Bintang (Stars) dengan tingkat pertumbuhan pasar 20% dan Sapi perah (cash cow) dengan pangsa pasar relatif pada tahun 2018 sebesar 1,13. Berdasarkan hasil analisis matriks BCG di atas maka strategi pemasaran yang diambil adalah hold (mempertahankan) yaitu strategi untuk mempertahankan produk -produk agar tetap pada kategori yang sama dengan selalu mengikuti perkembangan trend mode terbaru. Dalam menerapkan strategi hold, IKM alas kaki dan sepatu Mulya Jaya melakukan beberapa strategi untuk bertahan serta meningkatkan penjualan, diantaranya sebagai berikut: kualitas produk, kualitas pelayanan, internet marketting, dan melakukan promosi.

English Abstract

This study discusses the analysis of marketing strategies for Small and Medium Industries in footwear and shoes to increase sales. This study aims to determine market growth, relative market share and marketing strategies that will be taken for Mulya Jaya footwear and shoes IKM. The type of research used in this study is descriptive research with a qualitative approach. This study focused on analyzing the implementation of marketing strategies in increasing sales in footwear and shoes Industri Kecil Menengah, Mulya Jaya in Blooto Gang Baru street District of Prajurit Kulon, Mojokerto City. Sources of data from this study are informants, documents and events. Data retrieval techniques use field research methods and library research. Research instruments used to obtain data are the researchers themselves, interview guidelines and field notes. The data analysis technique in this study is the Boston Consulting Group (BCG) analysis method, to analyze market growth and relative market share in order to determine marketing strategies. The results of this study indicate that based on BCG matrix analysis of Mulya Jaya footwear and shoes IKM and Zahran footwear and shoes sales volume in 2017 and 2018. So Mulya Jaya footwear and shoes BCG matrix position is Stars with a market growth rate of 20% and cash cow with a relative market share in 2018 of 1.13. Based on the results of the BCG matrix analysis above, the marketing strategy taken is hold (retention), that is a strategy to maintain products in the same category by always keeping up with the latest fashion trends.. In implementing the hold strategy, Mulya Jaya footwear and shoes IKM carried out several strategies to survive and increase sales, including the following: product quality, service quality, internet marketting, and promotion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/611/051908324
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Matriks Boston Cosulting Group (BCG), IKM Alas Kaki dan Sepatu Mulya Jaya-Marketing Strategy, Boston Cosulting Group (BCG) Matrix, Mulya Jaya Footwear and Shoes IKM
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Oct 2020 19:49
Last Modified: 21 Oct 2021 05:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177052
[thumbnail of Dhimas Yogie Andhitya.pdf]
Preview
Text
Dhimas Yogie Andhitya.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item