Analisis Hybrid Cluster Segmentasi Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Laut (Studi pada PT PELINDO I)

Sektiananda, Alfan Alief (2019) Analisis Hybrid Cluster Segmentasi Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Laut (Studi pada PT PELINDO I). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis cluster hybrid merupakan kombinasi antara analisis cluster hierarki dan non hierarki. Analisis cluster hybrid ini muncul untuk mengoptimalkan kelebihan-kelebihan dari metode hierarki dan non hierarki secara bersamaan agar didapatkan pengelompokan yang optimal. Analisis cluster hybrid sendiri memiliki fleksibilitas yang tinggi karena bisa mengkombinasikan semua metode hierarki maupun non hierarki tanpa ada limit dalam urutan analisis yang dipakai. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan analisis cluster hybrid dalam mengelompokkan pelanggan PT Pelindo I berdasarkan tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan penumpang PT Pelindo I. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat bantu untuk mengumpulkan data. Banyak responden yang terlibat ditentukan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik accidental yaitu sebanyak 117 pelanggan PT Pelindo I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 72% pelanggan PT Pelindo I merasa pelayanan PT Pelindo I istimewa, sementara 28% sisanya merasa pelayanan PT Pelindo I baik.

English Abstract

Hybrid cluster analysis is a combination of hierarchical and non-hierarchical cluster analysis. This hybrid cluster analysis appears to optimize the advantages of hierarchical and non-hierarchical methods simultaneously in order to obtain optimal grouping. Hybrid cluster analysis itself has high flexibility because it can combine all hierarchical and non-hierarchical methods without any limits in the order of analysis used. The purpose of this study is to apply hybrid cluster analysis in classifying PT Pelindo I customers based on the level of customer satisfaction with passenger services of PT Pelindo I. This study used a questionnaire as a tool to collect data. Many respondents involved were determined using a non probability sampling method with accidental techniques, namely 117 PT Pelindo I customers. The results showed that 72% of PT Pelindo I customers felt PT Pelindo I service was special, while the remaining 28% felt PT Pelindo I service was good.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2019/109/051910812
Uncontrolled Keywords: Analisis Cluster Hybrid, PT Pelindo I, Kepuasan Pelanggan, hybrid cluster Analysis, PT Pelindo I, customer satisfaction
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:42
Last Modified: 28 Oct 2021 03:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176933
[thumbnail of Alfan Alief Sektiananda.pdf]
Preview
Text
Alfan Alief Sektiananda.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item