Salsabil, Adinda Aura (2019) Penerapan Model Sem-Pls Pada Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Rssa Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Rumah sakit sebagai salah satu lembaga pelayanan kesehatan harus tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu bagi masyarakat agar memperoleh derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memodelkan pengaruh kualitas layanan, persepsi terhadap biaya, dan persepsi terhadap citra terhadap kepuasan dan loyalitas pengguna RSSA Malang serta menentukan variabel yang paling memengaruhi kepuasan dan loyalitas pengguna RSSA Malang berdasarkan hasil pemodelan SEM-PLS, baik secara langsung maupun tak langsung. Data yang digunakan data sekunder berupa hasil kuisioner milik Hanan Titis Hidayat (2016), dengan ukuran sampel 100 responden. Analisis pada data tersebut dilakukan dengan software R. Hasil analisis SEM-PLS menunjukkan bahwa variabel laten persepsi terhadap biaya memiliki efek terbesar terhadap loyalitas pengguna dengan besar kontribusi mutlak 32,49%. Model SEM-PLS secara keseluruhan dapat menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan kepuasan dan loyalitas pengguna di RSSA Malang sebesar 72,78%.
English Abstract
Hospitals as one of the health care institutions must be able to improve quality services for the community to obtain the highest degree of health. The purpose of this study is to model the influence between service quality, perception of costs, and perception of the image of the satisfaction and loyalty of RSSA Malang users and determine the variables that most influence the satisfaction and loyalty of RSSA Malang users based on the results of SEM-PLS modeling, both directly and indirect. The data used secondary data in the form of a questionnaire belonging to Hanan Titis Hidayat, with a sample size of 100 respondents. The analysis of the data was carried out by software R. The results of SEM-PLS analysis showed that perception of costs in RSSA had the most absolute effect on users’ loyalty in RSSA Malang at 32.49%. The SEM-PLS model as a whole can explain the phenomena related to users’ satisfaction and loyalty in RSSA Malang at 72.78%.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/MIPA/2019/97/051910800 |
Uncontrolled Keywords: | SEM-PLS, kepuasan, loyalitas, pengguna, RSSA Malang, SEM-PLS, satisfaction, loyalty, users, RSSA Malang |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 04:42 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 02:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176909 |
Preview |
Text
Adinda Aura Salsabil (3).pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |