Adi, Citra Regita Permata (2019) Analisis Jalur Variabel Laten Untuk Mengidentifikasi Kepuasan Dan Minat Wisatawan Gunung Bromo Menggunakan Data Berskala Campuran. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Analisis jalur merupakan teknik analisis yang digunakan untuk mempelajari hubungan kausal antar variabel bebas dan variabel terikat. Destinasi pariwisata mulai dikembangkan oleh pemerintah dengan melakukan pengelolaan yang baik sehingga dapat menarik minat berkunjung wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi minat berkunjung ke objek wisata Gunung Bromo. Variabel yang digunakan adalah variabel demografi, kualitas pelayanan, bauran pemasaran, electronic word of mouth (e-WoM), kepuasan pengunjung dan minat berkunjung. Data yang digunakan adalah data primer dengan responden wisatawan yang sedang berkunjung ke Gunung Bromo menggunakan accidental sampling. Penelitian ini menggunakan model pengukuran formatif dengan menggabungkan skala data metrik dan nonmetrik (skala campuran). Metode pengukuran yang digunakan adalah metode skor komponen utama dan rata-rata skor. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel demografi signifikan terhadap kepuasan dan minat berkunjung ke objek wisata Gunung Bromo. Variabel demografi, kualitas kelayanan, bauran pemasaran, e-WoM dan kepuasan pengunjung dapat menjelaskan minat berkunjung ke Objek Wisata Gunung Bromo sebesar 96,7%, sedangkan sisanya sebesar 3,3% dijelaskan oleh variabel di luar model. Pengaruh paling besar terhadap variabel kepuasan adalah variabel bauran pemasaran. Sedangkan variabel yang paling berpengaruh terhadap minat adalah e-WoM. Oleh karena itu Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru perlu memperhatikan variabel bauran pemasaran dan e-WoM.
English Abstract
Path analysis is an analytical technique used to study causal relationships between independent variables and dependent variables. Tourism destinations are being developed by the government by doing good management so that it can attract tourists visiting. This study aims to identify interest in visiting Mount Bromo. The variables used were demographic variables, service quality, marketing mix, electronic word of mouth (e-WoM), visitor satisfaction and visiting interest. The data used are primary data with respondents who are visiting Mount Bromo using accidental sampling. This study uses a formative measurement model by combining metric and nonmetric data scales (mixed scale). The measurement method used is the main component score method and the average score. The results of this study indicate significant demographic variables on satisfaction and interest in visiting Mount Bromo attractions. Demographic variables, service quality, marketing mix, e-WoM and visitor satisfaction can explain the interest in visiting Mount Bromo Tourism Object by 96.7%, while the remaining 3.3% is explained by variables outside the model. The biggest influence on the satisfaction variable is the marketing mix variable. While the most influential variable on interest is e-WoM. Therefore the Central Office of Bromo Tengger Semeru National Park needs to pay attention to the marketing mix and e-WoM variables.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/MIPA/2019/68/051910770 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Jalur, Skala Campuran, Minat Wisatawan, Gunung Bromo. Path Analysis, Mixed Scale, Tourist Interest, Mount Bromo. |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.2 Probabilities > 519.23 Random processes (Stochastic processes) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 03:18 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176831 |
Preview |
Text
Citra Regita Permata Adi (3).pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |