Romaningsih, Wahyu (2019) Pemetaan Mahasiswa Berdasarkan Pilihan Merek, Harga Dan Jenis Laptop Menggunakan Analisis Korespondensi Berganda. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pemetaan mahasiswa berdasarkan pilihan merek, harga dan jenis laptop. Pemetaan dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai hubungan antara ketiga peubah. Metode statistika yang digunakan adalah analisis korespondensi berganda. Penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari penyebaran angket dengan responden mahasiswa FMIPA Universitas Brawijaya Malang angkatan 2015-2018. Teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling dengan metode judgement sampling. Banyak sampel minimum yang diperlukan adalah 95 responden. Berdasarkan hasil analisis korespondensi berganda diperoleh grafik dua dimensi dengan proporsi keragaman sebesar 23,53% dan terbentuk empat kelompok yaitu: Mahasiswa yang menggunakan laptop jenis ultrabook memiliki kecenderungan memilih merek Acer dengan kisaran harga Rp 5.000.000 - Rp 6.000.000. Mahasiswa yang menggunakan laptop jenis notebook, memiliki kecenderungan memilih merek Apple, merek Asus dan merek HP dengan kisaran harga lebih dari Rp 6.000.000. Mahasiswa yang menggunakan laptop jenis netbook memiliki kecenderungan memilih merek Lenovo dengan kisaran harga kurang dari Rp 3.000.000 dan Rp 3.000.000 - Rp 4.000.000. Mahasiswa yang menggunakan laptop jenis lain memiliki kecenderungan memilih merek Dell, merek lain, merek Toshiba dan merek Samsung dengan kisaran harga Rp 4.000.000 - Rp 5.000.000.
English Abstract
This study aims to produce student mapping based on brand choice, price and type of laptop. Mapping is done to get information about the relationship between the three variables. The statistical method used is multiple correspondence analysis. This study uses primary data derived from questionnaires with respondents of the students of FMIPA Universitas Brawijaya Malang force 2015-2018. The sampling technique used is non probability sampling with judgment sampling method. Many required minimum samples are 95 respondents. Based on the results of multiple correspondence analysis obtained a two-dimensional graph with a proportion of 23.53% and formed four groups, namely: Students who use ultrabook type laptops tend to choose the Acer brand with a price range of Rp 5.000.000 - Rp 6.000.000. Students who use notebook-type laptops have a tendency to choose the Apple brand, Asus brand and HP brand with a price range of more than Rp 6.000.000. Students who use netbook type laptops tend to choose the Lenovo brand with a price range of less than Rp 3.000.000 and Rp 3.000.000 – Rp 4.000.000. Students who use other types of laptops tend to choose Dell brands, other brands, Toshiba brands and Samsung brands with a price range of Rp 4.000,000 - Rp. 5.000.000.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/MIPA/2019/59/051910761 |
Uncontrolled Keywords: | Laptop, Analisis Korespondensi Berganda, Pemetaan, Laptop, Multiple Correspondence Analysis, Mapping |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.2 Probabilities > 519.23 Random processes (Stochastic processes) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 02:15 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176812 |
Preview |
Text
Wahyu Romaningsih (3).pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |