Wardani, Fatimahsuci (2019) Kepuasan Peternak Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Keberhasilan Inseminasi Buatan Di Desa Kadipiro Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Konsumsi daging sapi di Indonesia setiap tahunnya meningkat pada tahun 2016 ke 2017 meningkat sebesar 1 g/kapita/minggu (BPS, 2017). Peningkatan konsumsi daging sapi mengakibatkan permintaan daging sapi terus naik, untuk mencegah adanya kesenjangan ketersediaan daging sapi maka perlu dilakukan peningkatan produksi daging sapi di Indonesia guna mencegah kelangkaan daging sapi di tahun mendatang dan mengurangi impor daging. Salah satu kegiatan atau strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permintaan daging sapi yang terus meningkat adalah dengan melakukan kegiatan pengembangbiakan sendiri dengan cara kawin buatan atau Inseminasi buatan (IB). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik peternak di Desa Kadipiro, mengetahui kepuasan peternak sapi potong terhadap kualitas pelayanan inseminasi buatan dan mengetahui tingkat keberhasilan inseminasi buatan di Desa Kadipiro Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini dilakukanpada peternak sapi potong di Desa Kadipiro Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar pada tanggal 9 Januari sampai dengan 9 Februari 2019. Metode penelitian yang digunakan dengan metode deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, metode pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara dengan menggunakan kuisioner. Data yang dikumpulkan mencangkup data primer dan sekunder, data primer diperoleh dengan observasi, wawancara dan kuisioner kepada peternak. Data sekunder diperoleh dari literatur serta penunjang informasi dari instansi-instansi yang terkait dengan seperti Badan Pusat Statistik (BPS) dan data pemerintahan setempat. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfacation Index (CSI) yang dibantu dengan skala likert dengan 15 atribut antara lain harga per suntik IB, harga obat dan vitamin, ketersedian straw, ketersediaan obat dan vitamin, penampilan inseminator, sikap inseminator, keterampilan inseminator, ketepatan waktu kedatangan inseminator, kemudahan menghubungi inseminator, kejujuran inseminator, kelengkapan peralatan, keberhasilan IB (S/C), produktivitas hasil IB, penampilan pedet, dan recording ternak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peternak sapi potong di Desa Kadipiro sangat puas terhadap pelayanan inseminator dengan nilai hasil hitung dari Customer Satisfacation Index87,89%. Hasil perhitungan IPA yang dibagi ke dalam 4 kuadran yang mencerminkan kondisi kepentingan dan kinerja dari masing-masing atribut. Kudran I (prioritas utama) meliputi harga suntik per IB, harga obat dan vitamin, ketersediaan obat dan vitamin dan waktu kedatangan inseminator. Kuadran II (pertahankan prestasi) meliputi sikap inseminator, keterampilan inseminator, kemudahan menghubungi inseminator, keberhasilan IB, produktivitas hasil IB, penampilan pedet dan recording ternak. Kuadran III (prioritas rendah) meliputi ketersedian straw, sedangkan atribut yang masuk dalam kuadran IV (berlebihan) adalah penampilan inseminator.Tingkat keberhasilan Inseminasi Buatan berdasarkan conception rate menghasilkan angka 65,15% yang berarti sudah baik dan hasil servic per conception pada angka 1,63 yang artinya ternak di Desa Kadipiro dalam kategori subur, nilai non return rate sebesar 65,90% yang berarti sudah baik, berdasarkan calving interval didapatkan rata-rata 13 bulan yang berarti dalam kategori ideal. Peternak sapi potong di Desa Kadipiro merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh inseminator dalam menginseminasi buatan ditinjau dari 15 atribut tersebut. Atribut-atribut yang perlu ditingkatkan oleh inseminator pada kuadran I untuk meningkatkan kepuasan peternak.
English Abstract
This research was conducted Kadipiro village, Jumapolo sub-district, Karanganyar regency at 9 January 2019 until 9 February 2019. The purpose of this research were (1) to find out the breeder’s satisfaction in Kadipiro Village of service quality on artificial insemination and (2) to find out the level of artificial insemination’s successfullnes at Kadipiro Village. The methods used in this research were descriptive quantitative, while the methods of collecting data ware observation and interview by using questionare. Technique of analysing data used were Importance Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfaction Index (CSI). The result of the research shows that all farmers feel satisfi toward inseminator’s performance besed on CSI in the amount of 0,87%, the succesfullnes quality of artificial insemination based on conception rate (CR) is 65,15 % which means in a fertile category, precentage non return rate (NRR) in the amount of 65,90 % (good category), based on calving interval (CI) are on the average 13 months (ideal category). The conclusion is farmers feel very satisfi with the service which was provided by the inseminator. The suggestion is inseminator needs to improve the service attributes in quadrant one.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FAPET/2019/429/051910372 |
Uncontrolled Keywords: | service satisfaction, artificial insemination, successfullnes artificial insemination’s |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.2 Cattle and related animals > 636.21 Cattle for specific purposes > 636.213 092 Cattlemen |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 25 Sep 2020 07:23 |
Last Modified: | 25 Sep 2020 07:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176674 |
Actions (login required)
View Item |