Istinafiah, Alifah (2019) Pengaruh Keberadaan Infrastruktur terhadap Perubahan Harga Lahan (Kasus Studi: Kawasan Sekitar Pembangunan Jalan Tol Malang-Pandaan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Harga lahan adalah penilaian lahan yang dilihat dari harga nominal satuan uang untuk satuan luas yang berlaku pada pasaran lahan. Hal tersebut merupakan cerminan dari nilai lahan, dimana nilai lahan adalah perwujudan dari kemampuan lahan yang berhubungan dengan pemanfaatan dan penggunaan lahan. Berdasarkan RTRW Kabupaten Malang Tahun 2010-2030 terdapat rencana Jalan Tol Malang-Pandaan memiliki hubungan dengan Perkotaan Malang yang berhubungan dengan Terminal Arjosari dan Stasiun Kota Baru. Rencana jalan ini akan melalui bagian Timur dari jalan arteri primer yang ada pada saat ini. Gerbang tol direncanakan di Kecamatan Lawang dan Kecamatan Singosari yang berhubungan dengan jalan kolektor primer menuju ke arah Batu. Jalan Tol tersebut juga mendukung penambahan sarana dan prasarana pendukung arahan pengembangan bandara serta diharappkan ada timbal balik pelayanan. Selain itu, dengan adanya pembangunan jalan tol akan terbentuk aksesibilitas yang tinggi yang nantinya dapat memacu perkembangan wilayah di sekitar jalan tol serta memacu adanya pusat-pusat pertumbuhan baru. Sehingga pembangunan jaringan jalan baru seperti Jalan Tol Malang-Pandaan dapat berdampak pada perubahan harga lahan dan menjadi salah satu faktor penggerak aktivitas di sekitar ruas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan harga lahan sebelum dan sesudah dibangunnya Jalan Tol Malang-Pandaan berdasarkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap harga lahan. Analisis yang digunakan adalah Crosstab Analysis dengan metode Chi-square untuk meneliti pengaruh variabel yang mempengaruhi harga lahan secara terpisah terhadap perubahan harga lahan. Dari hasil analisis, variabel yang dengan nilai pengaruh tertinggi pada kawasan sekitar pembangunan Jalan Tol Malang-Pandaan antara lain guna lahan, kesuburan lahan, jaringan jalan, jarak dari pintu tol, jarak dari sirip jalan tol, kondisi jalan, status kepemilikan lahan. Nilai pengaruh dari variabel yang tertinggi adalah guna lahan (0,000), kesuburan lahan (0,000), jaringan jalan (0,000), jarak dari pintu tol (0,000), jarak dari sirip jalan tol (0,000), status kepemilikan lahan (0,000) sehingga masyarakat menganggap bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap perubahan harga lahan adalah guna lahan, kesuburan lahan, jaringan jalan, jarak dari pintu tol, jarak dari sirip jalan tol, kondisi jalan, status kepemilikan lahan.
English Abstract
Land’s price has been defined as land’s measurement based on its monetary value for its width which is conventionally agreed in the market. It reflects the value of the land, which shows the land’s ability in terms of its use and usage. Based on the RT/RW of Malang District Year 2010-2030 about toll road Malang - Pandaan planning, which connects Malang City area with Arjosari land transportation terminal and Kota Baru train station, this plan would go through the East region from the current primary artery road. The toll road entrance was planned to be located at Lawang and Singosari sub-district which connects the primary collector road to Batu. The toll road would support additional facilities on the expansion of the nearest airport and was also expected to provide feedback service. Moreover, with the development of this toll road, it was expected to create higher accessibility which would trigger the development of the surrounding area around the toll road as well as stimulate new growth centers. Therefore, a new road network development like Malang - Pandaan toll road could affect the land’s price change and become one of the factors that triggers activities along the road. Therefore, this research is aimed to figure out the land’s price change before and after the development of Malang - Pandaan toll road based on the factors affecting the land’s price. This research applied Crosstab Analysis with Chi-square method to study the effect of variables which affect land’s price separately towards land’s price change. The analysis result showed that the variables which had the highest effect were the land’s usage, fertility, network, distance from the toll road entrance, distance from the toll road sideways, road condition, and land’s ownership status. The variables which had the highest effect score (0,000) were land’s usage, fertility, network, distance from the toll road entrance, distance from the toll road sideways, road condition, and land’s ownership status. The result also proved that most people around Malang – Pandaan toll road believed that land’s usage, fertility, network, distance from the toll road entrance, distance from the toll road sideways, road condition, and land’s ownership status would best affect land’s price change.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2019/897/051910676 |
Uncontrolled Keywords: | Infrastruktur, Harga Lahan, Pengaruh, Crosstab Analysis. Infrastructure, Land’s Price, Effect, Crosstab Analysis |
Subjects: | 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 09:38 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 02:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176583 |
Preview |
Text
Alifah Istinafiah.pdf Download (17MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |