Persepsi Pengguna Bus Trans Sarbagita Terhadap Kinerja Koridor 1 (Kota-GWK-PP)

Wardani, Ni Luh Putu Indah Kusuma (2019) Persepsi Pengguna Bus Trans Sarbagita Terhadap Kinerja Koridor 1 (Kota-GWK-PP). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kawasan perkotaan Sarbagita (Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan) merupakan pusat ekonomi nasional berbasis kegiatan pariwisata bertaraf internasional yang menyebabkan mobilitas masyarakat tinggi sehingga muncul kemacetan. Di sisi lain Pemerintah Provinsi Bali belum mampu melakukan pembatasan penggunaan kendaraan pribadi, maka Dinas Perhubungan Provinsi Bali menyediakan alternatif kepada masyarakat berupa angkutan umum Trans Sarbagita. Koridor 1 Bus Trans Sarbagita merupakan trayek bus yang beroperasi sejak tahun 2011. Selama hampir delapan tahun beroperasi, masyarakat kerap mengeluh terhadap pelayanan Trans Sarbagita Koridor 1 (Kota-GWK-PP). Untuk mengubah persepsi masyarakat terhadap angkutan umum massal maka Pemerintah Provinsi Bali perlu meningkatkan kualitas pelayanan Bus Trans Sarbagita. Penelitian ini fokus terhadap evaluasi kinerja operasional, evaluasi kinerja pelayanan, menilai kualitas pelayanan menurut persepsi pengguna serta merekomendasi arahan perbaikan kualitas pelayanan Trans Sarbagita Koridor 1 (Kota-GWK-PP). Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis kinerja operasional, analisis kinerja pelayanan, analisis customer satisfaction index (CSI) dan pembobotan. Adapun hasil yang diharapkan dari analisis kinerja operasional yaitu adanya kesesuaian hasil observasi kinerja Bus Trans Sarbagaita Koridor 1 (Kota-GWK-PP) terhadap indikator transportasi perkotaan menurut parameter World Bank Tahun 1986. Sementara hasil yang diharapkan dari analisis kinerja pelayanan yaitu adanya kesesuaian hasil observasi pelayanan Bus Trans Sarbagita Koridor 1 (Kota-GWK-PP) terhadap Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan PM 10 Tahun 2012 dan PM 27 Tahun 2015. Sedangkan hasil yang diharapkan dari analisis customer satisfaction index yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna Bus Trans Sarbagita Koridor 1 (Kota-GWK-PP). Serta hasil yang diharapkan dari analisis pembobotan yaitu untuk mengetahui variabel kualitas pelayanan manakah yang harus diprioritaskan sehingga dapat dilakukan perumusan rekomendasi perbaikan terhadap pelayanan Trans Sarbagita Koridor 1 (Kota-GWK-PP). Adapun hasil yang diperoleh bahwa kinerja operasional Trans Sarbagita Koridor 1 (Kota-GWK-PP) dari enam variabel yang dinilai, terdapat lima variabel yang tidak memenuhi parameter Transportasi Perkotaan menurut World Bank Tahun 1986 yaitu jumlah penumpang saat weekday (hari Senin) dan saat weekend (hari Minggu); jarak tempuh bus; kecepatan perjalanan; load factor weekday (hari Senin) dan weekend (hari Minggu); serta headway. Sementara hasil yang diperoleh dari kinerja pelayanan bus bahwa dari 54 indikator yang dinilai, diketahui sebanyak 24 indikator belum memenuhi Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan PM Nomor 10 Tahun 2012 dan PM Nomor 27 Tahun 2015. Sedangkan nilai indeks kepuasan pengguna sebesar 0,69 yang berarti pengguna puas terhadap kinerja dan pelayanan yang diberikan. Adapun urutan prioritas perbaikan pelayanan berdasarkan hasil pembobotan yaitu tangible, reliability, assurance, responsiveness, dan emphaty.

English Abstract

Sarbagita urban areas (Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan) is a national economic center based on international level tourism activities that causes high mobility so that congestion arises. While the local government has not been able to restrict the use of private vehicles, Dinas Perhubungan provides an alternative public transportation called Trans Sarbagita. Koridor 1 Trans Sarbagita is a bus route that has been operating since 2011. For nearly eight years in operation, people often complains about their services. To change the public perception about mass public transportation, the local government needs to improve the quality of Trans Sarbagita services and performances. This research focuses on evaluating operational performance, evaluating service performance, evaluating quality of service according to users perceptions and give recommendation for improving quality Koridor 1 Trans Sarbagita (Kota-GWK-PP) services. The analytical method used in this research are operational performance analysis, service performance analysis, customer satisfaction index analysis and weighting analysis. The expected results from the analysis of operational performance are the suitability the observations of Koridor 1 Trans Sarbagita (Kota-GWK-PP) performance with the parameters from Urban Transport World Bank in 1986. While the expected results from the analysis of services performance is the suitability the observations Koridor 1 Trans Sarbagita (Kota-GWK-PP) service towards Minimum Standards for Mass Based Road Transportation Services PM 10 in 2012 and PM 27 in 2015. Then the expected results from the analysis of customer satisfaction index is to find out the level of satisfaction users of Koridor 1 Trans Sarbagita (Kota-GWK-PP). As well as the expected results of the weighting analysis is to find out which service quality variables should be prioritized so it can formulate recommendations to improve the services of Koridor 1 Trans Sarbagita (Kota-GWK-PP). The results obtained that the operationals performance of Koridor 1 Trans Sarbagita (Kota-GWK-PP) from six variables assessed, there are five variables do not suitability with parameters of Urban Transport World Bank in 1986, namely the number of passengers on weekday (Monday) and weekend (Sunday); bus mileage; travel speed; load factor weekday (Monday) and weekend (Sunday); and headway. While the results obtained from the performance of bus services from 54 indicators assessed, it known that 24 indicators do not suitability with Minimum Standards for Mass Based Road Transportation Services PM 10 in 2012 and PM 27 in 2015. While the user satisfaction index value is 0,69 which means the user is satisfied with Koridor 1 Trans Sarbagita (Kota-GWK-PP) performance and services provided. The priority order for Koridor 1 Trans Sarbagita (Kota-GWK-PP) services improvement is based on the results of weighting analysis, namely tangible, reliability, assurance, responsiveness, and empathy

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/887/051910666
Uncontrolled Keywords: Trans Sarbagita, kinerja bus, customer satisfaction index, pembobotan, Trans Sarbagita, bus performances, customer satisfaction index, weighting analysis
Subjects: 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.7 Transportation facilities
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Sep 2020 02:53
Last Modified: 23 Mar 2022 06:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176566
[thumbnail of Ni Luh Putu Indah Kusuma Wardani.pdf]
Preview
Text
Ni Luh Putu Indah Kusuma Wardani.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item