Tingkat Walkability Jalur Pedestrian Pada Kawasan Jalan Jenderal Sudirman Kota Samarinda

Galangsari, Virna Hayuning (2019) Tingkat Walkability Jalur Pedestrian Pada Kawasan Jalan Jenderal Sudirman Kota Samarinda. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pedestrian merupakan salah satu moda yang diminati di Kawasan Jalan Jenderal Sudirman Kota Samarinda. Hal ini disebabkan kawasan Jalan Jenderal Sudirman terdapat pusat- pusat perbelanjaan dan perkantoran dengan jarak yang berdekatan. Padatnya lalu lintas yang ada di kawasan penelitian tidak diiringi fasilitas pemisah sirkulasi antara pedestrian dan moda lainnya. Sebagai pengguna jalan yang rentan akan keselamatan, pedestrian juga tidak difasilitasi jalur khusus pedestrian di sepanjang koridor. Namun, telah terdapat dukungan kebijakan berdasarkan RTRW Kota Samarinda tahun 2014- 2034 yaitu rencana sistem penyediaan dan pemanfaatan prasarana dan sarana jaringan pedestrian Jalan Jenderal Sudirman Kota Samarinda untuk sarana penunjang yang terintegrasi dan memberikan layanan bagi fungsi- fungsi kegiatan. Sehingga perlu adanya evaluasi jaringan jalur pedestrian untuk mengetahui tingkat kenyamanan, keamanan dan keselamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat walkability jalur pedestrian pada Kawasan Jalan Jenderal Sudirman dengan menggunakan metode evaluasi walkability. Tujuan kedua penelitian ini untuk mengetahui persepsi dari pedestrian terkait parameter yang mempengaruhi tingkat kelayakan dari trotoar. Hasil dari penelitian yaitu tingkat walkability terendah yaitu Walk at your own risk pada zona I dan waiting to walk pada zona II. Berdasarkan hasil tanggapan dari pedestrian terdapat saran perbaikan berupa pengadaan dan pelebaran trotoar, penambahan dan perbaikan fasilitas pendukung, dan pengadaan infrastruktur untuk difabel.

English Abstract

Pedestrians are one of the most desirable modes of the area of Jendral Sudirman Street, Samarinda. This is due to the area of Jendral Sudirman Street the existence of shopping centers and offices which are in the proximity. The crowded traffic in the research area is not accompanied by the circulation separation facility between pedestrians and other modes. As a pedestrians who are vulnerable to safety, they are not facilitated by pedestrian-only lanes along the corridor. However, there has been policy support based on RTRW of Samarinda City Year 2014-2034 that is system of provision and utilization of pedestrians way facilities and infrastructures of Jendral Sudirman Street Samarinda City for integrated support facilities and for other activities. It is necessary to evaluate the network of pedestrian pathways to determine the level of comfort, safety and security. This research aims to determine the level of walkability of pedestrians on Jendral Sudirman Street using the walkability evaluation method. The second purpose of this study is to identity the perception of pedestrian related parameters that affect the feasibility level of the sidewalk. The results of the study found that the lowest walkability level i.e., Walk at your own risk was at zone I and waiting to walk was at zone II. Based on the response from the pedestrian, there are improvements in the form of sidewalks provision and enlargement, addition and renovation of supporting facilities, and provision for difabel infrastructure

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/886/051910666
Uncontrolled Keywords: Walkability, pedestrian, Samarinda.
Subjects: 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.7 Transportation facilities > 711.74 Pedestrian transportation facilities
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Sep 2020 02:53
Last Modified: 23 Mar 2022 06:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176565
[thumbnail of Virna Hayuning Galangsari.pdf]
Preview
Text
Virna Hayuning Galangsari.pdf

Download (16MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item