Peran Amnesty International dalam Pencabutan Amandemen Kedelapan di Irlandia tahun 2018

Noza, Tania Annisa (2019) Peran Amnesty International dalam Pencabutan Amandemen Kedelapan di Irlandia tahun 2018. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perempuan Irlandia merupakan perempuan yang melakukan aborsi diluar negeri terbanyak di Inggris dibandingkan dengan perempuan negara lain. Hal ini dikarenakan Amandemen Kedelapan yang mengakui hak hidup janin sehingga aborsi dilarang untuk dilakukan dan perempuan lebih memilih untuk keluar negeri atau mengakses aborsi yang tidak aman. Namun, tidak semua mampu untuk pergi keluar negeri untuk melakukan aborsi. Amnesty International sebagai INGO yang bergerak dibidang hak asasi manusia menaruh fokusnya terhadap hak seksual dan reproduksi untuk memperjuangkan akses aborsi untuk perempuan. Skripsi ini berfokus kepada apa peran yang dilakukan oleh Amnesty International untuk mendorong pencabutan Amandemen Kedelapan di Irlandia pada tahun 2018. Penelitian yang berjenis kualitatif ini menggunakan konsep peran NGO yang ditulis oleh David Lewis dan Nazneen Kanji untuk mengetahui peran yang dilakukan oleh Amnesty International.

English Abstract

Irish women have the highest number of abortions abroad in the UK compared to women from other countries. This is because the Eighth Amendment recognizes the right of life of the fetus so that abortion is prohibited to be performed and women prefer to go abroad or access unsafe abortion. However, not all can afford to go abroad to have an abortion. Amnesty International as INGO, which is engaged in human rights, has put its focus on sexual and reproductive rights to fight for abortion access for women. This thesis focuses on what role Amnesty International has played in pushing for the repealing of the Ireland’s Eighth Amendment in 2018. This qualitative research uses the concept of NGO roles written by David Lewis and Nazneen Kanji to determine the role played by Amnesty International.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/940/051910572
Uncontrolled Keywords: Peran NGO, Amnesty International, Irlandia, Amandemen Kedelapan, Aborsi, Role of NGO, Amnesty International, Ireland, Eighth Amendment, Abortion.
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process > 324.1 International party organizations, auxiliaries, activities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Oct 2020 06:38
Last Modified: 23 Oct 2020 06:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176392
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item