Pengaruh Strategi Pemasaran Ayam Goreng Jank-Jank Wings di Jalan Bunga Coklat, Soekarno-Hatta, Malang Terhadap Kepuasan Konsumen

Prabowo, Aldino Pijakka Arie (2019) Pengaruh Strategi Pemasaran Ayam Goreng Jank-Jank Wings di Jalan Bunga Coklat, Soekarno-Hatta, Malang Terhadap Kepuasan Konsumen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Daging ayam merupakan bahan yang dapat diolah menjadi berbagai inovasi produk makanan. Dalam lingkup Malang sendiri banyak berkembang usaha olahan waralaba ayam goreng. Jank-Jank Wings merupakan restoran fast food yang menyediakan produk ayam goreng. Perusahan makanan ini sudah membuka beberapa cabang di Indonesia. Tingkat produksi daging ayam ras pedaging di Jawa Timur pada periode tahun 2012 sampai 2016 mengalami peningkatan sebesar 2,5%. Pada tahun 2016 produksinya mampu mencapai 208.218 ton. Hal ini dikarenakan setiap tahun permintaan pasar akan pasokan daging ayam ras pedaging semakin meningkat. x Tujuan penelitian ini menganalisis karakteristik konsumen yang membeli produk dan menganalisis strategi pemasaran dari segi produk, harga, promosi, distribusi, dan tempat yang dilakukan oleh Jank-Jank Wings di Jalan Bunga Coklat, Soekarno Hatta, Malang terhadap kepuasan konsumen. Metode penelitian yang digunakan penelitian survei dengan kombinasi pendekatan kuantitatif menggunakan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan di Jank-Jank Wings di Jalan Bunga Cokelat No. 9 Kota Malang dengan 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapat melalui kuisioner yang diberikan kepada konsumen, dapat diketahui karakterisik responden meliputi jenis kelamin yang tertinggi yaitu wanita dengan persentasi 61%, umur yang tertinggi yakni 21-25 tahun dengan persentase 43%, pekerjaan yang tertinggi yakni mahasiswa dengan persentase 57% dan pendapatan yang tertinggi yakni 2.000.000 – 4.000.000 dengan persentase 38%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui ratarata jawaban responden variabel produk 4,33 berada pada interval 4,21 - 5 yang artinya masuk dalam kategori konsumen sangat puas/sangat baik terhadap pilihan menu yang tersedia. Rata-rata jawaban responden variabel harga 4,12 berada pada interval 3,41-4,20 yang artinya masuk dalam kategori konsumen puas/baik terhadap harga produk dengan kualitas produk yang disajikan. Rata-rata jawaban responden variabel promosi 4,19 berada pada interval 3,41-4,20 yang artinya masuk dalam kategori konsumen puas terhadap promosi yang sudah ditawarkan berupa potongan harga. Rata-rata jawaban responden variabel distribusi sebesar 4,09 berada pada interval 3,41- 4,20 yang artinya masuk dalam kategori konsumen puas dengan proses distribusi yang ditawarkan. Rata-rata jawaban responden variabel tempat 4,05 berada pada interval 3,41-4,20 yang artinya masuk dalam kategori konsumen puas dengan lokasi outlet yang strategis mudah dijangkau dari lingkungan kampus. Rata-rata variabel kepuasan konsumen dengan nilai rata-rata 4,31 berada pada interval 4,21 - 5 yang artinya masuk dalam kategori konsumen sangat puas terhadap produk, fasilitas sampai pelayanannya sesuai dengan keinginan konsumen. Berdasarkan analisis regresi linier berganda diketahui bahwa hasil uji t variabel produk (X1) terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) menghasilkan nilai signifikansi t sebesar 0,000. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa Sig. t < alpha (0,05) maka pengaruh variabel produk (X1) terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) adalah signifikan. Hasil uji t variabel harga (X2) terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) menghasilkan nilai signifikansi t sebesar 0,017. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa Sig. t ˂ alpha (0,05) maka pengaruh variabel harga (X2) terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) adalah signifikan. Hasil uji t variabel promosi (X3) terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) menghasilkan nilai signifikansi t sebesar 0,001. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa Sig. t ˂ alpha (0,05) maka pengaruh variabel promosi (X3) terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) adalah signifikan. Hasil uji t variabel distribusi (X4) terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) menghasilkan nilai signifikansi t sebesar 0,394. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa Sig. t < alpha (0,05) maka pengaruh variabel distribusi (X4) terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) adalah tidak signifikan. Hasil uji t variabel tempat (X5) terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) menghasilkan nilai signifikansi t sebesar 0,014. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa Sig. t ˂ alpha (0,05) maka pengaruh variabel tempat (X3) terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) adalah signifikan. Hasil uji F sebesar 80,692 > F tabel sebesar 2,31 dengan nilai Sig.F < α yaitu 0,000 < 0,05 maka model analisis regresi adalah signifikan. Koefisien determinasi (R square) sebesar 0,811, hal ini menunjukkan variabel produk (X1), harga (X2), promosi (X3), distribusi (X4), tempat (X5) berpengaruh sebesar 80,1% terhadap kepuasan konsumen. Kesimpulan hasil penelitian karakteristik konsumsen didominasi oleh kaum wanita usia 21-25 tahun dengan jenis pekerjaan sebagai mahasiswa dan berpenghasilan 2.000.000-4.000.000.000. Strategi pemasaran dari segi produk, harga, promosi, distribusi, dan tempat berhasil memenuhi kepuasan konsumen dan dapat menciptakan “persepsi pelayanan konsumen yang baik dan persepsi konsumen terhadap produk yang disajikan memberikan pengaruh kepada konsumen untuk tidak berpindah ke produk lain dan dapat merekomendasikan produk kepada orang lain” berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, sedangkan strategi pemasaran dari segi distribusi tidak memberikan pengaruh terhadap kepuasan konsumen di Jank-Jank Wings Jalan Bunga Coklat, Soekarno-Hatta, Malang. Saran yang perlu diberikan sebaiknya perusahaan mempertahankan produk, harga, promosi dan tempat karena berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan meningkatkan distribusinya. Untuk penelitian selanjutnya diharap menambah jumlah variabel selain produk, harga, promosi dan distribusi yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen, seperti kualitas pelayanan.

English Abstract

The purpose of this research was to know the marketing strategy in terms of product, price, promotion, distribution, and are applied as well as the influence of the marketing strategy franchise in Jank Jank Wings at Bunga Coklat Street, Soekarno-Hatta, Malang. The method was used survey research with a quantitative approach using a combination of multiple linear regression analysist determine the effect of marketing strategies on customer satisfaction. This research was conducted at Jank-Jank Wings on Bunga Coklat Street, Soekarno Hatta No.30 Malang City with 100 consumer respondents. Based on there search results show that marketing strategies are applied Jank-Jank Wings include 5 things in terms of products all products in Jank-Jank Wings are always available, in terms of price is already good at an affordable price, in terms of promotion katalog and brochures have been nice and interesting, in terms of distribution, namely the timeliness of the presentation process, and in terms ofthe location of strategic outlets. Conclusions of research results published by women aged 21-25 years with the type of work as students and earning 2,000,000-4,000,000. Marketing strategies in terms of product, price, promotion, distribution, and place to successfully meet customer satisfaction. Marketing strategies in terms of products, prices, promotions, and places can create "good customer service perceptions and consumer perceptions of the products provided have an effect on consumers not to change to other products and can change products to others" customer satisfaction, while the marketing strategy in terms of distribution does not have an effect on customer satisfaction at Jank-Jank Wings Bunga Coklat street, Soekarno-Hatta, Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/303/051910089
Uncontrolled Keywords: marketing strategy, Jank - Jank Wings, costumer satisfaction
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Nov 2020 03:12
Last Modified: 11 Nov 2020 03:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176286
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item