Perwujudan Asas Keadilan Dan Keseimbangan Dalam Pembagian Untung Dan Rugi Pada Persekutuan Komanditer (Commanditaire Vennootschap) Berdasarkan Akad Mudharabah

Ardiansyah, Momon (2019) Perwujudan Asas Keadilan Dan Keseimbangan Dalam Pembagian Untung Dan Rugi Pada Persekutuan Komanditer (Commanditaire Vennootschap) Berdasarkan Akad Mudharabah. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam konsep bagi hasil dan kemitraan terdapat pembagian secara Mudharabah dan Musyarakah. Konsep ini sudah banyak dilakukan di Indonesia, dengan konsep kerjasama yang berbentuk Persekutuan Komanditer. Semakin meningkatnya kerjasama investasi dengan konsep kemitraan yang berbasis syariah baik itu akad Musyarakah maupun Mudharabah, pada akhirnya pemerintah memberikan respon dengan mengeluarkan berbagai aturan baru, yang salah satunya adalah penyelesaian sengketa dalam kegiatan ekonomi berdasarkan prinsip syariah diberi pilihan hukum untuk beracara di pengadilan Agama. Persekutuan Komanditer adalah suatu persekutuan yang didirikan oleh satu orang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada satu orang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin. Titik awal dari kelancaran suatu usaha adalah kesepakatan yang terjadi dalam perjanjian dari para mitra. Berkaitan dengan hal tersebut, pada perjanjianlah terjadi tukar menukar kepentingan antara para mitra. Menurut peneliti, perbedaan pendapat dalam memahami sebuah perjanjian kerjasama maka bisa menyebabkan sengketa. Menurut peneliti, sengketa yang terjadi di beberapa kerjasama adalah isu yang menarik untuk dibahas lebih lanjut dengan menggunakan dasar hukum islam. Dalam islam mengajarkan bahwa jika akan menetapkan hukum hendaklah berlaku adil. Mudharabah sebagai salah satu produk berdasarkan kemitraan yang dapat dipergunakan dalam membentuk kerjasama dalam bingkai sebuah persekutuan komanditer. Pemikiran mendasar yang menjadi alasan bagi peneliti mengemukakan tema sentral mengenai perwujudan asas keadilan dan keseimbangan dalam pembagian untung rugi dalam persekutuan komanditer yang menggunakan akad Mudharabah.

English Abstract

In the concept of profit sharing and partnership there is a division in Mudharabah and Musyarakah. This concept has been widely carried out in Indonesia, with the concept of cooperation in the form of limited partnership. Increasing investment cooperation with the concept of partnership based on both the Musyarakah and Mudharabah contracts, the government finally responded by issuing various new rules, one of which is the settlement of disputes in economic activities based on sharia principles given the choice of law to proceed in a Religious court. A limited partnership is a partnership established by one person or persons who entrusts money or goods to one person or several people who run the company and act as leaders. The starting point of the smooth running of a business is the agreement that occurs in the agreement of the partners. In this connection, it is in the agreement that there is an exchange of interests between the partners. According to researchers, differences of opinion in understanding a cooperation agreement can cause disputes. According to researchers, disputes that occur in some collaborations are interesting issues to be discussed further using the basis of Islamic law. In Islam teaches that if you are going to set a law, you should act fairly. Mudharabah as a product based on partnership that can be used in forming cooperation within the framework of a limited partnership. Fundamental thinking that is the reason for researchers to put forward a central theme regarding the realization of the principles of justice and balance in the distribution of profit and loss in a limited partnership that uses the Mudharabah contract.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/340.114/ARD/p/2019/041909698
Uncontrolled Keywords: JUSTICE, PROFIT - SHARING, PARTNERSHIP
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 340.1 Philosophy and theory of law > 340.11 Special topics of philosophy and theory of law > 340.114 Justice
Divisions: S2/S3 > Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:57
Last Modified: 25 Oct 2021 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176218
[thumbnail of Momon Ardiansyah (2).pdf]
Preview
Text
Momon Ardiansyah (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item