Analisis Progam Tanggung Jawab Sosial Kepada Karyawan Terhadap Reputasi Dan Kinerja Perusahaan (Studi Pada PT Pembangkitan Jawa Bali)

Hidayat, Muhsin (2017) Analisis Progam Tanggung Jawab Sosial Kepada Karyawan Terhadap Reputasi Dan Kinerja Perusahaan (Studi Pada PT Pembangkitan Jawa Bali). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Pembangkitan Jawa Bali (PT. PJB) merupakan salah satu anak perusahaan dari PT PLN (persero) yang memproduksi listrik di Indonesia. PT. PJB mendukung sistem ketenagalistrikan di Indonesia, termasuk melaksanakan tanggung jawab sosial. Di PT. PJB, CSR dilaksanakan tidak hanya kepada para stakeholder di luar perusahaan seperti masyarakat dan pelanggan, tetapi juga kepada para stakeholder internal perusahaan yakni para karyawan (Freeman et.al, 2004; Perrini & Tencati, 2006 dalam Lozano, 2012). Para karyawan merupakan pemangku kepentingan utama di perusahaan (King, 2007; Onkila, 2009; dalam Lozano 2012). Dampak pelaksanaan CSR perusahaan adalah dapat membuat karyawan merasa memiliki dan memberikan kontribusi (Rupp et.al, 2006). Dengan demikian, maka seorang pegawai merasa terhubung dengan kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan (Smith dan Alexander, 2013). CSR dapat digunakan sebagai instrumen untuk meningkatkan reputasi perusahaan dan selanjutnya kinerja perusahaan (Zhu et.al, 2014; Bhattacharya et.al, 2009; Sen et.al, 2006). Pelaksanaan CSR kepada karyawan di PT. PJB diharapkan mendukung pencapaian reputasi perusahaan yang positif. Selanjutnya, CSR tersebut juga diharapkan berdampak pada kepuasan dan loyalitas karyawan yang mendukung tercapainya kinerja perusahaan. Kegiatan CSR mempengaruhi reputasi perusahaan dan meningkatkan kinerja bisnis (Siegel dan Vitaliano, 2007; Turker, 2009). Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 143 orang yang merupakan para manajer di PT. PJB. Adapun, kuesioner dibuat dengan 38 item pertanyaan serta menggunakan skala likert. Tabulasi data dari responden, telah dianalisis mengunakan alat statistik Smartpls versi 3.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variabel independen yakni CSR kepada internal karyawan terhadap variabel dependen kinerja perusahaan. Adapun, reputasi dapat memperkuat kinerja perusahaan melalui program CSR internal kepada pada karyawan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya CSR yang dilakukan oleh PT. PJB kepada para karyawan telah meningkatkan kepuasan dan loyalitas karyawan. Mediasi secara partial oleh reputasi perusahaan terhadap hubungan CSR bukan merupakan pengaruh utama bagi hubungan terhadap kinerja perusahaan. Dengan demikian, hubungan CSR terhadap kinerja perusahaan dapat dilakukan secara langsung.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.408/HID/a/2018/041806235
Uncontrolled Keywords: SOCIAL RESPENSIBILITY OF BUSINESS, EMPLOYEES
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.408 Social responsibility of executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Nov 2019 09:23
Last Modified: 19 Oct 2021 05:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176165
[thumbnail of Muhsin Hidayat (2).pdf] Text
Muhsin Hidayat (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item