Perbedaan Edukasi Gizi Menggunakan Metode Ceramah dan Metode Ular Tangga Tematik Terhadap Peningkatan Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Malang.

Wardani, Eksanti Kusuma (2019) Perbedaan Edukasi Gizi Menggunakan Metode Ceramah dan Metode Ular Tangga Tematik Terhadap Peningkatan Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsumsi asupan zat gizi memiliki peranan penting bagi status gizi anak usia sekolah, terutama untuk tumbuh kembang anak. Sehingga perlu diberikan edukasi terkait makanan yang sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan edukasi terkait gizi menggunakan metode ceramah dan metode permainan “ular tangga tematik” terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada siswa kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian ini menggunakan quasy experimental study untuk melihat perbedaan edukasi gizi terhadap peningkatan pengetahuan gizi siswa kelas 5 SD dengan pre-test dan post-test, dengan penarikan sampel menggunakan total quota sampling dan memenuhi kriteria inklusi responden. Diperoleh 44 siswa dengan rincian 22 siswa pada kelompok ceramah dan 22 siswa pada kelompok ular tangga. Diketahui pada kelompok ceramah memiliki hasil yang tidak signifikan dengan p-value 0,083 (p>0,05) dan pada kelompok ular tangga memiliki hasil yang signifikan dengan p-value 0,008 (p<0,05). Sedangkan perbedaan pengetahuan antara kelompok ceramah dan ular tangga memiliki hasil yang tidak signifikan dengan pvalue 0,308 (p>0,05).

English Abstract

Consumption of nutrient intake has an important role for the nutritional status of school-age children, especially for child development. So that, healthy food need to be educated. This study aims to determine the differences in nutrition-related education using the lecture method and the "snake ladder thematic" game method to increase balanced nutrition knowledge in 5th grade students of Muhammadiyah 1 Elementary School Malang. This study used a quasy experimental study to see differences in nutritional education on improving nutritional knowledge of 5th grade students with pre-test and post-test, using a total quota sampling and met the inclusion criteria of respondents. 44 students were separated into 22 students in the lecture group and 22 students in the snake ladder group. The results showed that there was no significant difference in the lecture group with p-value 0.083 and in the snake ladder group had a significant result with p-value 0.008. Whereas the difference in knowledge between the lecture group and snake and ladder had non-significant results with p-value 0.308.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/166/051909246
Uncontrolled Keywords: edukasi gizi, metode ceramah, permainan ular tangga, nutrition education, lecture method, thematic ladder snake
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.8 Specific therapies and kinds of therapies > 615.85 Miscellaneous therapies > 615.851 5 Activity therapy > 615.851 53 Recreational therapy / Play therapy
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:38
Last Modified: 21 Mar 2022 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176127
[thumbnail of Eksanti Kusuma Wardani.pdf]
Preview
Text
Eksanti Kusuma Wardani.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item