Kriminalisasi Kelalaian Dalam Perbuatan Persiapan Tindak Pidana Terorisme Di Indonesia

itumorang, Yoppy K. S (2019) Kriminalisasi Kelalaian Dalam Perbuatan Persiapan Tindak Pidana Terorisme Di Indonesia. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada tesis ini, penulis mengangkat judul terkait kriminalisasi kelalaian dalam perbuatan persiapan tindak pidana terorisme di Indonesia. Pilihan tema tersebut dilatarbelakangi oleh adanya kekosongan norma hukum terkait ketentuan pidana tentang orang yang karena kelalaiannya melakukan perbuatan persiapan tindak pidana terorisme. Berdasarkan hal tersebut, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apakah kelalaian dalam perbuatan persiapan pada tindak pidana terorisme dapat dipidana?; (2) Bagaimana formulasi pengaturan kelalaian perbuatan persiapan dalam pencegahan tindak pidana terorisme di Indonesia? Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan konsep, dan pendekatan perbandingan. Bahan hukum yang digunakan meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Bahan hukum tersebut akan dianalisa dengan teknik analisa berupa interpretasi sistematis, interpretasi gramatikal, interpretasi teleologis, dan interpretasi futuristik. Dari hasil penelitian ini, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan penelitian, bahwa, 1)Kriminalisasi kelalaian dalam perbuatan persiapan terorisme tepat diperuntukkan terhadap delik yang menimbulkan bahaya dengan tujuan untuk menjatuhkan pidana sedini mungkin dan menghindari terjadi bahaya di masa depan. Akan tetapi, tentu saja tidak dengan alasan bahaya umum semata melainkan alasan berbahayanya perilaku yang melakukan persiapan terorisme yang terhubung dengan organisasi teroris meskipun dilakukan karena kelalaiannya. 2) Memperhatikan kebijakan hukum pidana yang ada saat ini serta melakukan perbandingan dengan Australia maka konsep perumusan pasal yang penulis iv tawarkan ialah: Setiap orang yang karena kelalaiannya memberikan atau mengikuti pelatihan militer, pelatihan pramiliter, atau pelatihan lain, yang terhubung dengan organisasi teroris baik di dalam negeri maupun luar negeri, baik secara langsung maupun tidak langsung dan sepatutnya mengetahui menyebabkan persiapan tindak pidana terorisme terjadi, dipidana dengan pidana penjara selama 10 tahun.

English Abstract

The research topic follows the absence of law regarding criminal provisions over preparation for criminal terrorism seen as negligence. Based on the issue mentioned, this research is focused on whether conducts due to negligence are punishable by law and on the formulation of regulation over the negligence regarding the preparation to prevent criminal terrorism in Indonesia. This research employed normative legal method along with statute, conceptual, and comparative approaches, while the legal research comprised both primary and secondary materials, both of which were analysed with systematic, grammatical, teleological, and futuristic interpretation. The research shows that 1) conducts seen as negligence in criminal terrorism are still considered as threatening, thus early punishment should be delivered for early prevention. The threat that becomes concern is linked to the network of terrorist organisation although it only begins with negligence. 2) Looking at policy in criminal cases and comparing Indonesia and Australia, the author proposes the following content of Article: anyone who, due to negligence, joins pre-military and military training, or other forms of training linked to terrorist organisations both in the state and overseas, directly and indirectly, and is aware of the situation that his/her act is considered as part of preparation for terrorism, he/she is sentenced to ten-year imprisonment.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/345.02/SIT/k/2019/041907188
Uncontrolled Keywords: TERRORISM - LAW AND LEGISLATIN
Subjects: 300 Social sciences > 345 Criminal law > 345.02 Criminal offenses
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Hukum, Fakultas Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Nov 2019 08:21
Last Modified: 19 Sep 2023 02:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176121
[thumbnail of Yoppy K. Situmorang (2).pdf] Text
Yoppy K. Situmorang (2).pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item