Yorentina, Ema (2019) Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Di Pt Kembang Joyo Sriwijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Produk dari lebah khususnya madu memiliki pangsa pasar yang luas dan prospek yang baik sehingga banyak peternak lebah madu berkompetisi dalam persaingan di bidang usaha ternak lebah madu. Bauran pemasaran menjadi sangat penting dalam suatu usaha, karena dengan adanya bauran pemasaran yang baik akan dapat membantu peningkatan penjualan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik konsumen serta menganalisis bauran pemasaran (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) terhadap keputusan pembeli madu. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi dan menjadi bahan evaluasi perusahaan terhadap strategi pemasaran yang telah dilakukan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 20 Maret – 4 April 2019 di PT Kembang Joyo Sriwijaya outlet Green Pramuka Square Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT Kembang Joyo Sriwijaya outlet Green Pramuka Square Jakarta. Jumlah sampel sebanyak 89 responden ditentukan dengan teknik accidential sampling dengan pendekatan accidential sampling. Data diperoleh dariviii penyebaran kuisioner kepada responden. Kemudian data dianalisis secara kuantitatif, meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan analisis koefisien determinasi (R2) menggunakan software SPSS IBM statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan jika variabel independen berpengaruh sebesar 81% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sebesar 19% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Hasil uji t pada X1 produk terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan t hitung 2,044 > tabel 1,99 dengan nilai signifikansi 0,044. Hasil uji t pada X2 price terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan t hitung 2,221 > t tabel 1,99 dengan nilai signifikansi 0,029. Hasil uji t bahwa X3 place terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan t hitung 0,513 < t tabel 1,99 dengan nilai signifikansi 0,610. Hasil uji t pada X4 promotion terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan t hitung 6,126 > t tabel 1,99 dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil uji t pada X5 people terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan t hitung 4,651 > t tabel 1,99 dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil uji t pada X6 process terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan t hitung 0,575 < t tabel 1,99dengan nilai signifikansi 0,567 . Hasil uji t pada X7 physical evidence terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan t hitung 2,806 > tabel 1,99 dengan nilai signifikansi 0,006 Hasil uji F dengan nilai F (49,321) > nilai F tabel (2,699) dan nilai signifikansi (0,000) < dari 0,05 pada keseluruhan variabel. Koefisien determinasi dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,810 atau sebesar 81 % variabel Y (keputusan pembelian) dapat dijelaskan bahwa variabel yang mewakili bauran pemasaran (variabel X) menunjukkan hubungan yang saling kuat. Kesimpulan penelitian ini PT Kembang Joyo Sriwijaya memiliki 27 variasi produk hassil lebah sepertiix propolis, royal jelly, bee pollen, cuka madu, cuka pollen, madu coffee, madu hitam, madu ipomea, madu kaliandra, madu karet, madu kid’s, madu mangga, madu multiflora, madu pahit, madu rambutan, madu randu, madu SI, madu sonokelling, madu super, madu super propolis, madu vip, madu meniran, madu karet, madu Trigono sp, chunk honey, dan comb honey dengan variasi harga mulai Rp 63.000 – Rp 250.000. Mayoritas konsumen adalah perempuan, rentang usia 26 – 35 tahun, pendidikan terakhir S1, bekerja sebagai karyawan, berpenghasilan Rp 5.000.000 – Rp 10.000.000, frekuensi pembelian madu tidak tentu, dan produk yang banyak dibeli adalah madu SI. Hasil penelitian menunjukkan Bahwa secara parsial tidak semua variabel berpengaruh terhadap keputusan pembelian, tetapi secara simultan semua variabel berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk di PT Kembang Joyo Sriwijaya sebesar 81%. Diharapkan perusahaan meningkatkan promosi secara online dan offline untuk menarik konsumen. Selain itu diharapkan dapat membuatn materi iklan yang menarik serta meningkatkan pelayanan terhadap konsumen dan meningkatkan fasilitas yang ada
English Abstract
The purpose of this research was to know consumer characteristics on purchasing decision and also to analyze marketing mix 7 P that can influence a consumer to purchase decision. The research was done on March 20 to April 4, 2019, at PT Kembang Joyo Sriwijaya outlet Green Pramuka Square Jakarta. Using 89 respondent and using purposive sampling technique and accidental sampling. Data obtained from the distribution of questionnaires to respondents. Then the data are analyzed quantitatively, including validity test, reliability test, classic assumption test, multiple regression analysis, t test, F test, and coefficient of determination analysis (R2) using SPSS IBM statistical software 25. R2 coefficient test results are known that the variable influences 81% of purchasing decisions, while 19% is influenced by other variables outside the research. The t test on X1, X2, X4, X5 and X7 on the purchase decision variable (Y) t count 2 > table 1.99 with a significance value > 0,05. Conclusion of this research PT Kembang Joyo Sriwijaya has 27 variations of bees productsvi and prices starting from IDR. 63,000 - IDR 250,000. The majority of consumers are women, ages 26 - 35 years, last degree education, work as employees, earn IDR. 5,000,000 - IDR. 10,000,000, frequency of buying honey is uncertain, and products that are widely purchased are SI honey.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FAPET/2019/164/051909930 |
Uncontrolled Keywords: | honey, marketing mix, purchase decision. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 05:54 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 10:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175922 |
Text
EMA YORENTINA (2).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |