Pengaruh Permainan Ular Tangga Dan Game Edukatif Pada Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dewi Sartika Kelompok B Kota Malang”

Bahtiar, Rizal (2019) Pengaruh Permainan Ular Tangga Dan Game Edukatif Pada Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dewi Sartika Kelompok B Kota Malang”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masa usia prasekolah yang berada pada usia 5-6 tahun merupakan masa yang penting dan anak mulai sensitive untuk menerima berbagai upaya perkembangan berbagai potensi. Permainan sosial yang biasa digunakan adalah ular tangga dan game edukatif pada gadget, oleh karena itu penelitian akan melakukan perbandingan antara kedua permainan terhadap perkembangan sosial anak. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi perbedaan perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun yang diberikan permainan ular tangga dan game edukatif pada gadget. Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experimental dengan pendekan Postest Design with Comparison Group. Sample yang dipilih total sampling dengan jumlah sample 24 orang. Perbedaan perkembangan sosial anak antara kelompok ular tangga dan kelompok gadget dianalisis dengan uji Mann Whitney karena data hasil uji normalitas Shapiro-Wilk, keseluruhan data dinyatakan tidak berdistribusi normal. diperoleh rata-rata skor kelompok ular tangga sebesar 71,92 (dengan rata-rata ranking 12,96), sedangkan rata-rata skor kelompok gadget sebesar 71,82 (dengan rata-rata ranking 11,95). Rata-rata kedua kelompok mempunyai selisih yang sangat kecil sebesar 0,10 untuk rata-rata skor dan sebesar 1,01 untuk rata-rata ranking. Signifikansi perbedaan rata-rata perkembangan sosial antara kelompok ular tangga dan kelompok gadget diuji dengan uji Mann Whitney didapatkan nilai Z hitung yang lebih besar dari -Z tabel (-0,402 > -1,960), dan nilai signifikansi lebih besar dari α ( 0,688 > 0,050). Berdasarkan hasil penelitian,disarankan untuk mengoptimalkan perkembangan sosial anak sejak usia dini bisa dilakukan dengan metode bermain seperti ular tangga dan game edukatif pada gadget.

English Abstract

Preschool period in 5-6 years old is an important period of time and children start to become sensitlve in receiving several attempts in order to develop all kind of potential. Social game often use is snake and ladder game also educational games on the gadget, and therefore this study would like to compare both games toward fine cognitive development. The purpose of this study is to identify differences in the social development of children in 5-6 years old were given a game of snakes and ladders and educational games on the gadget. The design used in this study was quasy experimental with a mentor of Postest Design with Comparison Group. Samples were selected for total sampling with a sample size of 24 people. The differences in children's social development between the snake ladder group and the gadget group were analyzed by the Mann Whitney test because the data from the Shapiro-Wilk normality test results showed that all data were not normally distributed. The average score of the snake ladder group was 71.92 (with an average ranking of 12.96), while the average score of the gadget group was 71.82 (with an average ranking of 11.95). On average, the two groups had a very small difference of 0.10 for the average score and at 1.01 for the ranking average. The significance of the difference in the average social development between the snake ladder group and the gadget group was tested by the Mann Whitney test which obtained a calculated Z value greater than -Z table (-0.402> -1,960), and a significance value greater than α (0.688> 0.050) . Based on result of the study, it is recommended to optimize children’s social development from an early age it can be done by playing snake ladders and educational games on gadgets.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/217/051909292
Uncontrolled Keywords: ular tangga, game edukatif pada gadget, perkembangan sosial, anak, snakes and ledders, educational game on the gadget, social development, child
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 612 Human Physiology > 612.6 Reproduction, development, maturation > 612.65 Child development > 612.650 19 Child development--Psychological aspects
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:30
Last Modified: 22 Oct 2021 02:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175839
[thumbnail of Rizal Bahtiar.pdf]
Preview
Text
Rizal Bahtiar.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item