Hubungan Kepuasan Komunikasi Perawat dengan Kualitas Budaya Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Wava Husada Malang.

Sudartya, Tita Sefti (2019) Hubungan Kepuasan Komunikasi Perawat dengan Kualitas Budaya Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Wava Husada Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Budaya Keselamatan pasien merupakan hasil dari penerapan nilai individu dan atau kelompok dalam menerapkan sikap, kompetensi dan perilaku yang dapat mempengaruhi komitmen, kecakapan dalam manajemen keselamatan dan kesehatan suatu rumah sakit. Budaya keselamatan dipengaruhi berbagai faktor salah satunya komunikasi. Komunikasi berperan sebagai faktor penentu pelayanan kesehatan. Komunikasi yang buruk antara perawat dengan dokter atau tenaga kesehatan lain dapat meningkatkan terjadinya error di rumah sakit. Komunikasi perawat dan dokter yang buruk dapat menyebabkan ketidakpuasan dan kurangnya otonomi diantara perawat. Ketidakjelasan komunikasi berkontribusi terhadap ketidakpuasan pekerjaan diantara dokter di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kepuasan komunikasi perawat dengan kualitas budaya keselamatan pasien di rumah sakit. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu analisis korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampling menggunakan proportional random sampling (n= 51). Analisis data menggunakan uji spearman rank. Hasil penelitian yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan komunikasi perawat dengan kualitas budaya keselamatan pasien. Semakin tinggi tingkat kepuasan komunikasi perawat maka kualitas budaya keselamatan pasien yang diterapkan akan semakin baik (r= 0.338). Kesimpulan: Kepuasan komunikasi perawat sebagian besar tinggi dan kualitas budaya keselamatan pasien pada perawat sebagian besar baik. Kepuasan komunikasi perawat mempengaruhi penyediaan perawatan kesehatan yang efektif serta mampu menciptakan hubungan kerjasama yang baik dan menumbuhkan kepercayaan antar profesi sehingga dapat meningkatkan kualitas pemberian pelayanan dan keselamatan pasien. Dengan demikian diharapkan agar perawat mampu meningkatkan kualitas budaya keselamatan pasien sehingga meminimalisir insiden ataupun error yang terjadi.

English Abstract

Patient Safety Culture is the result of applying the values of individuals and or groups in applying attitudes, competencies and behaviors that can affect commitment, skills in the management of the safety and health of a hospital. Safety culture is influenced by various factors, one of which is communication. Communication acts as a determinant of health services. Poor communication between nurses and doctors or other health workers can increase the occurrence of errors in the hospital. Poor communication of nurses and doctors can cause dissatisfaction and lack of autonomy among nurses. Unclear communication contributes to job dissatisfaction among doctors at the hospital. This study aims to analyze the relationship of nurse communication satisfaction with the quality of the patient safety culture in the hospital. The research design used was correlation analysis with cross sectional approach. Sampling uses proportional random sampling (n = 51). Data analysis using Spearman rank test. The results of the study are that there is a significant relationship between nurse communication satisfaction and the quality of patient safety culture. The higher the level of satisfaction of nurse communication, the better the quality of patient safety culture will be applied (r = 0.338). Conclusion: Nurse communication satisfaction is mostly high and the quality of patient safety culture in nurses is mostly good. Satisfaction of nurse communication influences the provision of effective health care and is able to create good cooperative relationships and foster trust between professions so that it can improve the quality of service delivery and patient safety. Thus it is expected that nurses are able to improve the quality of the patient safety culture so as to minimize incidents or errors that occur.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/14/051909180
Uncontrolled Keywords: Budaya Keselamatan Pasien, Kepuasan Komunikasi, Perawat, Patient Safety Culture, Communication Satisfaction, Nurses
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel > 610.734 Public health nursing
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:30
Last Modified: 18 Apr 2022 03:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175830
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tita Sefti Sudartya.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item