Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Dengan Mediasi Orientasi Pasar Dan Orientasi Belajar Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Komunitas Jendela Maju Bersama Wilayah Kota Dan Kabupaten Malang

Ratnasari, Puspita (2019) Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Dengan Mediasi Orientasi Pasar Dan Orientasi Belajar Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Komunitas Jendela Maju Bersama Wilayah Kota Dan Kabupaten Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran mediasi orientasi pasar dan orientasi belajar terhadap hubungan antara orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha. Populasi penelitian ini adalah 45 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi anggota Komunitas Jendela Maju Bersama (JMB) yang telah menjalankan usahanya minimal selama tiga tahun. Teknik pengambilan sampelnya adalah sampel jenuh. Data dianalisis menggunakan PLS (Partial Least Square) dengan program SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan secara langsung dapat meningkatkan kinerja usaha. Selanjutnya orientasi kewirausahaan juga dapat meningkatkan orientasi pasar dan orientasi belajar. Selain itu orientasi pasar dapat meningkatkan kinerja usaha, sehingga orientasi pasar berperan sebagai mediasi parsial antara orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha. Orientasi belajar tidak berpengaruh terhadap kinerja usaha, sehingga orientasi belajar tidak dapat memediasi hubungan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha.

English Abstract

This study aims to analyze the role of market orientation and learning orientation in mediating the effect of entrepreneurship orientation on business performance. The population of this study is 45 Micro, Small and Medium-sized Enterprises (MSMEs) that are members of Jendela Maju Bersama (JMB) Community who have been running their business for a minimum period of three years. The sample was selected using saturated sampling technique. The data was analyzed using PLS (Partial Least Square) in SmartPLS 3. The results of the analysis indicate that entrepreneurship orientation can directly improve business performance. Furthermore, entrepreneurship orientation can also improve market orientation and learning orientation. In addition, market orientation can improve business performance, so it partially mediates the effect of entrepreneurial orientation on business performance. Learning orientation does not affect business performance, so it does not mediate the effect of entrepreneurial orientation on business performance.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/338.642/RAT/p/2019/041909538
Uncontrolled Keywords: SOCIAL ENTREPREEURSHIP, ENTREPRENEURSHIP, SMALL BUSINESS
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.64 Size of enterprises > 338.642 Small business
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Nov 2019 01:18
Last Modified: 20 Nov 2019 01:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175808
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item