Pengaruh TerapimMenulis Ekspresif TerhadapmPenurunan Kecemasan Pada Remaja Dengan Diabetes Melitus Tipe 1 Di Ikadar Malang.

Puspitasari, Mega (2019) Pengaruh TerapimMenulis Ekspresif TerhadapmPenurunan Kecemasan Pada Remaja Dengan Diabetes Melitus Tipe 1 Di Ikadar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Diabetes Mellitus (DM) tipe-1 merupakan2salah satu penyakitokronis yang sampaissaat ini belum dapatkdisembuhkan. DM tipe-1 merupakan suatu kelainan sistemik dimana terjadi kerusakanjsel β pankreas baikooleh proses autoimunumaupun idiopatik yang terjadi pada anak dan remaja, sehingga produksiiinsulin berkurang bahkantterhenti. Pemberian insulin setiap hari dan terus menerus, pengaturan makan yang ketat, dan pengetahuan tentang komplikasi-komplikasi DM diketahui dapat memicu timbulnya stres dan depresi. Salah satu upaya untuk mengatasi kecemasan adalah dengan self expression yaitu dengan terapi menulis ekspresif. Tujuan penelitian ini adalah untukmmengetahui pengaruhpterapi menulisnekspresif terhadapupenurunan kecemasan. Penelitian ini mengunakan desain true exksperiment pre and post test with control group yang diambil dengan tekhnik random sampling, Responden berjumlah 32 orang yang terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu 16 responden sebagai kelompok kontrol dan 16 orang sebagai kelompok intervensi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kecemasan adalah kuesioner HARS. Hasil Uji Statistik Paired T- Test menunjukkan adanya perbedaan tingkat kecemasan pre testidanipostttest kelompoktkontrolrdengannnilai ip–value< 0,05 (0,034). Hasil uji statistic Paired T-Test pada kelompok yang diberikan terapi menulis ekspresif menunjukan adanya perbedaan tingkat kecemasan pre dan post test dengan p-value<0,05 (0,000). Nilai signifikansi pada kelompok terapi menulis ekspresif lebih kecil dibandingkan pada kelompok kontrol, hal itu menujukkan bahwa pemberian terapi menulis ekspresif lebih berpengaruh dalam penurunan kecemasan. Pada uji statistik Independent T-Test terdapat perbedaan selisih nilai kecemasan pre test dan post test antara kelompok kontrol dengan kelompok intervensi dengan nilai p-value< 0,05 (0,000). Dapat di simpulkan bahwa terapi menulis ekspresif berpengaruh terhadap penurunan kecemasan pada remaja dengan diabetes melitus tipe 1 di Ikadar Malang. Saran untuk penelitian selanjutnya tentang terapi menulis ekspresif terhadap tingkat kecemasan dengan lama waktu pemberian terapi yang berbeda.

English Abstract

Type 1 diabetes mellitus (DM) is one of the chronic diseases that until now has not been cured. Type 1 diabetes mellitus is a systemic abnormality caused by pancreatic β cell damage both by autoimmune and idiopathic processes that occur in children and adolescents, so that insulin production decreases and even stops. Daily and continuous administration of insulin, strict eating arrangements, and knowledge of DM complications are known to trigger stress and depression. One effort to overcome anxiety is by self expression, namely by expressive writing therapy. The purpose of this study was to determine the effect of expressive writing therapy on reducing anxiety. This study uses the design of true experiment pre and post test with control groups taken with random sampling techniques, the respondents were 32 people it consist of 16 people as control group and 16 people as intervention group. The instrument used to measure anxiety is the HARS questionnaire. Statistical Test Results Paired T-Test showed a difference in the anxiety level of the pre-test and post-test control group with a p-value <0.05 (0.034). The results of the Paired T-Test statistical test in the intervention group given expressive writing therapy showed a difference in anxiety levels pre and post test with p-value <0.05 (0,000). In the Independent T-Test statistical test There were differences in the anxiety value difference between the pre-test and post-test between the control group and the intervention group with a p-value of <0.05 (0,000). It can be concluded that expressive writing therapy affects the decrease in anxiety in adolescents with type 1 diabetes mellitus in Ikadar Malang.Suggestion for next reaserch abaout expressive writing therapy to anxiety level with different time of therapy.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/11/051909177
Uncontrolled Keywords: Terapi Menulis Ekspresif, Kecemasan, DM Tipe 1, Remaja, Expressive Writing Therapy, Anxiety, Type 1 DM, Teenager
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.4 Diseases of endocrine, hematopoietic, lymphatic, glandular system; diseases of male breast > 616.46 Diseases of islands of Langerhans > 616.462 Diabetes mellitus > 616.462 2 Diabetes mellitus, type 1 (Insulin-dependent diabetes)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:45
Last Modified: 19 Oct 2021 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175804
[thumbnail of Mega Puspitasari.pdf]
Preview
Text
Mega Puspitasari.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item