Safitri, Alif Dewi (2019) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Jamban (Water Closet) Sehat Dalam Upaya Pencegahan Disentri Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Desa Dlanggu Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Saluran air yang terkontaminasi dapat memicu fenomena disentri. Penyebaran penyakit disentri dapat diperoleh dari faktor konsumsi atau pemanfaatan air dalam memenuhi aktivitas sehari-hari termasuk kebersihan jamban. Pendidikan kesehatan dalam kaitannya penyampaian ilmu pengetahuan, akan dapat menjadi stressor dan menstimulasi perubahan persepsi berkaitan dengan tujuan meningkatkan pola hidup sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap membangun jamban sehat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimental design dan skema one-group pretest-postest. Penelitian dilakukan kepada penduduk di Dusun Glugu Desa Dlanggu Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan yang tidak mempunyai jamban sehat. Sampel yang digunakan sebanyak 30 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Variabel dependen adalah pengetahuan dan sikap membangun jamban sehat. Variabel independen adalah pendidikan kesehatan. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan uji beda rata-rata dua kelompok berpasangan yaitu berupa uji paired t test dan uji wilcoxon Hasil menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan dapat secara signifikan meningkatkan pengetahuan membangun jamban sehat warga Dusun Glugu. Pendidikan kesehatan dapat secara signifikan meningkatkan sikap membangun jamban sehat warga Dusun Glugu. Pendidikan kesehatan dilakukan dengan media poster.
English Abstract
Contaminated waterways can trigger the phenomenon of dysentery. The spread of dysentery can be obtained from the factors of consumption or utilization of water in fulfilling daily activities including latrine cleanliness. Health education in relation to the delivery of knowledge, will be able to become a stressor and stimulate changes in perceptions related to the goal of improving a healthy lifestyle. This study aims to determine the effect of health education on the knowledge and attitudes of building healthy latrines. This research is quantitative research using experimental design and one-group pretest-posttest. The study was conducted on residents in Glugu Village, Dlanggu Village, Deket District, Lamongan Regency who did not have a toilet. The sample used was 30 respondents. Sampling is done by purposive sampling. The dependent variable is the knowledge and attitude of building healthy latrines. The independent variable is health education. Data retrieval is done by questionnaire. Data were analyzed by different tests on the average of two groups in pairs, namely in the form of paired t test and wilcoxon test. The results show that health education can significantly increase knowledge of building healthy latrines of Dusun Glugu residents. Health education can significantly improve the attitude of building healthy latrines of Dusun Glugu residents. Health education is carried out with poster media.
Other obstract
-Saluran air yang terkontaminasi dapat memicu fenomena disentri. Penyebaran penyakit disentri dapat diperoleh dari faktor konsumsi atau pemanfaatan air dalam memenuhi aktivitas sehari-hari termasuk kebersihan jamban. Pendidikan kesehatan dalam kaitannya penyampaian ilmu pengetahuan, akan dapat menjadi stressor dan menstimulasi perubahan persepsi berkaitan dengan tujuan meningkatkan pola hidup sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap membangun jamban sehat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimental design dan skema one-group pretest-postest. Penelitian dilakukan kepada penduduk di Dusun Glugu Desa Dlanggu Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan yang tidak mempunyai jamban sehat. Sampel yang digunakan sebanyak 30 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Variabel dependen adalah pengetahuan dan sikap membangun jamban sehat. Variabel independen adalah pendidikan kesehatan. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan uji beda rata-rata dua kelompok berpasangan yaitu berupa uji paired t test dan uji wilcoxon Hasil menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan dapat secara signifikan meningkatkan pengetahuan membangun jamban sehat warga Dusun Glugu. Pendidikan kesehatan dapat secara signifikan meningkatkan sikap membangun jamban sehat warga Dusun Glugu. Pendidikan kesehatan dilakukan dengan media poster.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2019/84/051909151 |
Uncontrolled Keywords: | Disentri, Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Sikap, Dysentery, Health Education, Knowledge, Attitude |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 04:30 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 04:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175642 |
Preview |
Text
Alif Dewi Safitri.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |