Analisis Strategi Pemasaran Ternak Domba di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang (Studi Kasus pada CV. “Agriranch”)

Kurniawan, Septian Prasojo (2019) Analisis Strategi Pemasaran Ternak Domba di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang (Studi Kasus pada CV. “Agriranch”). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2018 sampai dengan 24 November 2018 di perusahaan peternakan CV. Agriranch Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purpossive). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran di CV. Agriranch. (2) Merumuskan alternatif strategi bagi kegiatan pemasaran yang sesuai dengan kondisi internal dan eksternal di CV. Agriranch, serta dapat digunakan sebagai referensi bagi perusahaan untuk menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, yaitu mengevaluasi kejadian atau situasi dalam dunia nyata untuk menjawab suatu fenomena dengan melihat strategi pemasaran yang digunakan oleh CV. Agriranch serta melihat keberhasilan strategi dan perkembangan strategi selanjutnya. Pengumpulan sumber data dilakukan secara purposive dengan melakukan wawancara menggunakan kuisioner dan diskusi dengan manajer perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang meliputi keadaan umum lokasi penelitian, perhitungan biaya produksi dan keuntungan, analisis SWOT yang meliputi matrik IFAS, matrik EFAS, matrik IE, matrik SWOT dan diagram SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa CV. Agriranch merupakan usaha peternakan domba dengan total populasi 268 ekor domba, yang bergerak dalam program pembibitan dan penggemukan. Keuntungan berdasarkan penjualan ternak domba dengan distributor dalam satu periode (90 hari/3 bulan) didapatkan total biaya produksi sebesar Rp39.891.200, sedangkan total penerimaan dari penjualan ternak domba 30 ekor sebesar Rp44.550.000. Total penerimaan yang diperoleh perusahaan dari penggemukan ternak domba dalam satu periode lebih besar dari total biaya produksi, kondisi tersebut menunjukan bahwa keuntungan bersih yang diperoleh perusahaan sebesar Rp4.658.800 dalam satu periode penggemukan.. Faktor-faktor internal yang menjadi kekuatan (strenghts) perusahaan yaitu (a) bobot badan ternak domba yang baik, (b) harga yang disesuaikan bobot badan, (c) hubungan baik dengan distributor dan pemasok serta (d) akses ke lokasi peternakan yang mudah. Kelemahan (weaknesses) perusahaan yaitu (a) belum dapat memenuhi permintaan pelanggan yang continue, (b) sistem promosi yang belum maksimal dan (c) tidak adanya pemberian potongan harga. Faktor-faktor eksternal yang menjadi peluang (opportunities) pengembangan usaha ternak domba yaitu (a) perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, (b) mayoritas penduduk beragama Islam, (c) meningkatnya jumlah penduduk dan (d) terbukanya pasar yang cukup luas untuk pemasaran ternak domba. Faktor eksternal yang menjadi ancaman (threats) bagi usaha peternakan domba adalah (a) harga ternak domba berfluktuatif, (b) terbentuknya perusahaan sejenis dan (c) ketersediaan bakalan dan bahan pakan. Nilai skor kekuatan (S) sebesar 2,405, kelemahan (W) sebesar 0,583, peluang (O) sebesar 2,036 dan ancaman (T) 0,667. Nilai tertinggi pada skor SO yaitu dengan jumlah skor 4,441, dengan strategi alternatif mempertahankan bobot badan dan terus berusaha meningkatkan populasi ternak domba untuk memenuhi permintaan pelanggan serta menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan mempergencar kegiatan promosi untuk memperluas jangkauan pasar. Disimpulkan bahwa strategi pengembangan usaha ternak domba yang dapat dilakukan adalah mendukung strategi agresif menggunakan strategi SO, yaitu mempertahankan bobot badan dan terus berusaha meningkatkan populasi ternak domba serta menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan mempergencar kegiatan promosi. Saran dari penelitian ini yaitu melakukan pencatatan (recording) sebagai laporan kegiatan dan untuk evaluasi dalam perusahaan, mempergencar promosi serta memperluas pasar.

English Abstract

The research was conducted on October 24th, 2018 to November 24th, 2018 at the CV. Agriranch, Karangploso, Malang District. The research objectives were (1) to identify internal and external factors that influence the company's marketing activities (2) to formulate alternative strategies for marketing activities according to internal and external conditions. The used method was case study. Interviews were done by questionnaires and in-depth discussions with company managers. Analysis of the data used SWOT analysis which includes IFAS matrix, EFAS matrix, IE matrix, SWOT matrix and SWOT diagram. Determination of marketing strategies based on internal and external conditions that were good and right can increase company profits. The research results of the profits obtained by the company in one fattening period were IDR 4,658,800. The result of SWOT analysis showed alternative strategies to maintain body weight and continue to try to increase sheep population to meet customer demand and establish good relationships with customers and intensify promotional activities to expand market reach.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/641/051910440
Uncontrolled Keywords: IFAS matrix, EFAS matrix, IE matrix, SWOT
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.3 Sheep and goats > 636.300 688 Sheep and goats (Management of distribution (marketing))
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:30
Last Modified: 06 Dec 2021 06:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175628
[thumbnail of Septian Prasojo Kurniawan.pdf] Text
Septian Prasojo Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item