Hubungan antaraa Kualitas Interaksi Ibu dan Anak dengann Perilaku Asertif pada Anak Usia Pra Sekolah di TK Restu 2 Kota Malang.

Arisca, Agnes (2019) Hubungan antaraa Kualitas Interaksi Ibu dan Anak dengann Perilaku Asertif pada Anak Usia Pra Sekolah di TK Restu 2 Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas interaksi antara ibu dan anak dapat meningkatkan perkembangan aspek kognitif dan emosional anak. Salah satu sikap dalam aspek emosional anak yang dapat dididik atau diajarkan adalah sikap asertif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungann antara kuallitas interaksi ibu dan anak dengan perilaku asertif pada anakk usia pra sekolah di TK Restu 2 Kota Malang. Penelitian inii merupakan ppenelitian kuantitatif dengan menggunakan ddesain cross sectional study. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil uji statistik spearman correlation rank menunjukkan terdapat hubungan antara kualitas interaksi dengan perilaku asertif anak dengan p-vaue 0.000 dan nilai koefisiensi 0.614. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antaraakualitas interaksi ibu dan anak dengannperilaku asertif anak usia prassekolah (4-6) tahun. Saran yang dapat diberikan dari peneliti kepada ibu yaitu ibu perlu meningkatkan kualitas interaksi yang terjalin dengan anaknya untuk mendukung petumbuhan dan perkembangan anak salah satunya dengan melatih anak beperilaku asertif. Selain itu pihak sekolah perlu melakukan sosialisasi terkait pelatihan asertif kepada orang tua agar dapat diajarkan kepada anak baik didalam maupun diluar rumah.

English Abstract

Quality of interaction between mother and her child can increase the development of children’s cognitive and emotional. One of the emotional aspects in children that can be taught is the assertiveness. The aim of this study is to analyze the correlation between the quality of interaction of mother and her child and the assertiveness of preschool students at Kindergarten Restu 2 Kota Malang. This quantitative study uses the cross sectional study design. There were 40 sampels that collected by using the purposive sampling method. Spearman correlation rank statistic test has a result that there is a significant relationship between quality of interaction and assertiveness with p-value = 0.000 and coefficient correlation value = 0.614.. It can be concluded that there is an correlation between mother and her children’s quality of interaction and the assertiveness in preschool age. It is recommended for mother to increase quality of interaction that built with her child for support their growth and one of behavior that can teach for them is assertiveness. Also for school, they should give information for the parents about how to teach assertiveness to their child when they’re in a home or outside.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/76/051909139
Uncontrolled Keywords: Kualitas Interaksi, Ibu, Perilaku Asertif, Pra Sekolah, Quality of Interaction, Mother, Assertiveness, Preschool
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 612 Human Physiology > 612.6 Reproduction, development, maturation > 612.65 Child development
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:30
Last Modified: 19 Oct 2021 04:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175623
[thumbnail of Agnes Arisca.pdf]
Preview
Text
Agnes Arisca.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item