E-Learning sebagai Penerapan E-Government di Dunia Pendidikan (Studi pada Universitas Brawijaya)

Rudiantara, Yusuf (2016) E-Learning sebagai Penerapan E-Government di Dunia Pendidikan (Studi pada Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di segala bidang telah merubah kehidupan masyarakat dalam melakukan segala hal baik dalam berkomunikasi maupun berinteraksi. Penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauhmana pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dilakukan di dunia pendidikan khususnya pemanfaatan e-Learning di dalam memberikan akses pembelajaran yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) menjadi pilihan bagi masyarakat untuk meningkatkan perluasan dan pemerataan akses pendidikan yang berkualitas. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif dengan fokus permasalahan tentang penerapan teknologi informasi dan komunikasi terkait dengan layanan belajar mengajar dengan sistem e-Learning di Universitas Brawijaya serta faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif dan analisis medan kekuatan (Force Field Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan teknologi informasi dan komunikasi terkait dengan layanan belajar mengajar dengan sistem e-leaming di UB dapat dilaksanakan dengan baik. Dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui teleconference dapat berjalan dengan lancar. Adanya peraturan dan kebijakan pemerintah merupakan salah satu faktor pendukung disamping tersedianya sarana dan prasarana, ketersediaan sumber daya manusia dan anggaran yang ada. Adapun di dalam menekan faktor penghambat diantaranya adalah dengan merumuskan, merancang, dan menetapkan aturan di tingkat universitas terkait aturan dan kebijakan pemerintah yang baru. Selain itu peningkatan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan PJJ dan perlunya dibangun sistem dan informasi terkait program PJJ UB yang dapat diakses oleh mahasiswa atau peserta didik.

English Abstract

The development and use of information and communication technologies in all fields have changed public life in communicating and interacting. This study was conducted to examine the use of information and communication technologies in education life, especially the use of e-learning in giving access to learning that is not limited by space and time. Distance Learning (Pendidikan Jarak Jauh or PJJ) becomes an option for people to improve the expansion and equitable access to quality education. The study used a qualitative research with a focus on the issue of the application of information and communication technologies related to learning service of e-learning system at University of Brawijaya as well as supporting factors and obstacles in implementation. An used data analysis is an interactive model analysis and force field analysis. The results showed that implementation of information and communication technologies related to service learning with e-learning system at University of Brawijaya can perform well. With the support of information and communication technology, the implementation of distance learning within teleconference can run successfully. The government regulations and policies is one of the contributing factors in addition to the availability of infrastructure, availability of human resources and the budget. As in pressing the inhibiting factors such as by formulating, designing, and setting the university level rules associated to policies of the new government. Besides, improving the quality of human resources, improving coordination of implementation of PJJ UB and the need to build systems and related information PJJ UB program that can be accessed by students or learners.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: TES/370.152 302 85/RUD/e/2016/041803710
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTATION, EDUCATION
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Philosophy and theory, education for specific objectives, educational psychology > 370.15 Educational psychology > 370.152 Consious mental processes and intelligence > 370.152 3 Learning > 370.152 302 85 Computer applications
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Nov 2019 04:06
Last Modified: 15 Nov 2019 04:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175580
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item