Menyingkap Kompetensi Auditor Yang Memiliki Hubungan Kerabat Degan Partner Dalam Menghasilkan Audit Yang Berkualitas (Studi Pada Kantor Akuntan Publik Di Malang)

Nurhidayati, Viati (2019) Menyingkap Kompetensi Auditor Yang Memiliki Hubungan Kerabat Degan Partner Dalam Menghasilkan Audit Yang Berkualitas (Studi Pada Kantor Akuntan Publik Di Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kompetensi menjadi syarat mutlak terwujudnya audit yang berkualitas, namun tak dapat dipungkiri hubungan kekerabatan menjadi suatu pekerjaan rumah tersendiri bagi pelaku dunia usaha di negara berkembang untuk mendapatkan tenaga kerja yang kompeten. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi seorang auditor yang memiliki hubungan kerabat dengan partner dalam menghasilkan audit yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnometodologi di salah satu KAP lokal di kota Malang. Hasil penelitian menunjukan hubungan kekerabatan dapat menurunkan kualitas audit yang dihasilkan. Merekrut kerabat tanpa memperhatikan kemampuan dan kompetensi yang dimilikinya dapat menyebabkan beberapa prosedur audit tidak dilaksanakan dengan baik seperti penerimaan perikatan, perencanaan audit, pelaksanaan pekerjaan lapangan dan pelaporan audit. Kesalahan atau kegagalan di salah satu atau beberapa tahapan dapat berakibat pada kesimpulan atau tahap pemberian pendapat (opini).

English Abstract

Competence is an absolute requirement for quality audit. Nevertheless, it is undeniable that familial relationship is another homework for businesspeople in developing countries to obtain competent workforce. The objective of this qualitative study, which was conducted in a local public accounting firm in Malang, is to identify the competence of an auditor having familiar relationship with his/her client in producing quality audits using ethnomethodological approach. This study finds that familial relationship can degrade audit quality. Recruiting relatives without considering their capability and competence can cause several audit stages, such as audit engagement, audit planning, auditing, and audit reporting, not done well. Errors or failures in one or more of the stages influence audit conclusion or audit opinion.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.45/NUR/m/2019/041906626
Uncontrolled Keywords: AUDITING, AUDITING - STANDARDS
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.4 Specific fields of accounting > 657.45 Auditing
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Nov 2019 03:36
Last Modified: 15 Nov 2019 03:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175578
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item