Mufida, Rifqa Ghina (2019) Hubungan Kualitas Tidur dengan Kemampuan Kognitif pada Anak Usia Prasekolah (4-5 tahun) di TK Islam Terpadu As-Salam Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kualitas tidur yang baik dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan pada anak terutama pada anak usia prasekolah. Kualitas tidur yang buruk dapat mempengaruhi perkembangan sehingga menyebabkan perkembangan kognitif anak menjadi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan kualitas tidur dengan kemampuan kognitif anak usia prasekolah (4-5 tahun) di TK Islam Terpadu As-Salam Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross sectional study yang dengan melakukan observasi untuk mengetahui kemampuan kognitif anak dan pemberian kuesioner pada orangtua/wali murid untuk mengetahui kualitas tidur anak. Hasil penelitian didapatkan 56 anak (96,55%) memiliki kemampuan kognitif berkembang sesuai harapan dan 2 anak (3,44%) memiliki kemampuan kognitif mulai berkembang dengan nilai median 35,2500 yang termasuk dalam kategori telah berkembang sesuai harapan. Penelitian menunjukkan kualitas tidur baik sebanyak 37 anak (63,79%) dan kualitas tidur buruk sebanyak 21 anak (36,21%) dengan nilai median 24,0000 yang termasuk dalam kategori kualitas tidur baik. Responden dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa/siswi TK Islam Terpadu As-Salam Kota Malang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil uji statistik spearman correlation rank mempunyai p-value 0.041 dengan nilai koefisien korelasi spearman sebesar 0.269. Nilai tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan tingkat hubungan yang cukup antara kualitas tidur dengan kemampuan kognitif dimana hasil positif menunjukkan adanya hubungan yang searah. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas tidur yang baik dapat meningkatkan probabilitas perkembangan kemampuan kognitif anak menjadi optimal. Disarankan kepada orangtua untuk lebih memperhatikan kualitas tidur yang adekuat untuk anaknya. Bagi perawat diharapkan untuk kedepannya lebih memperhatikan aspek perkembangan kognitif anak.
English Abstract
A good sleep quality is required to support growth and development in children, especially in preschoolers. A poor sleep quality can affect children’s development phases, so that their cognitive development will not optimally develop. The aim of this study was to analyze the association between sleep quality and the cognitive capability of preschool children (4-5 years) in TK Islam Terpadu As-Salam Kota Malang. This study used cross-sectional design which conducted by observation to determine cognitive abilities and giving questionnaires to parents/guardians of students to determine the children’s sleep quality. The result showed 56 children (96,55%) had reached an expected cognitive capability and 2 children (3,44%) had began to develop their cognitive capability with median score 35,2500 which included in reached an expected cognitive capability category. Study showed a good sleep quality in 37 children (63,79%) and poor sleep quality in 21 children (36,21%) with median score 24,0000 which included in good sleep quality category. 58 students of TK Islam Terpadu As-Salam Kota Malang joined as participants of this study which selected by purposive sampling technique. The results of the Spearman correla-tion rank statistical test showed that p-value scores of 0.041 with correlation coefficient value of 0.269. This value showed a significant correlation with sufficient correlation level between sleep quality and cognitive capability where the positive results indicate a direct relationship between them. Based on the result of this study, it can be concluded that inadequate sleep quality can increase the probability of non optimal cognitive development. It is recommended for parents to pay more attention to their children’s sleep quality adequacy. In the future, expected to nurses to pay more attention to aspects of child’s cognitive development.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2019/68/051909129 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Tidur, Kognitif, Prasekolah, Sleep Quality, Cognitive, Preschool |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 612 Human Physiology > 612.6 Reproduction, development, maturation > 612.65 Child development |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 04:30 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 04:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175570 |
Preview |
Text
Rifqa Ghina Mufida.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |