Naja, Fadiyatun (2019) Hubungan antara Pola Bermain Gadget dengan Perilaku Asertif pada Anak Usia Pra Sekolah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Keterampilan sosial yang harus dicapai pada usia pra-sekolah adalah kemampuan asertif. Perilaku asertif sangat penting, terutama dalam pembentukan perasaan dan aktualisasi diri dalam interaksi sosial. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perilaku asertif, salah satunya adalah penggunaan gadget. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara pola bermain gadget dan perilaku asertif pada usia pra-sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain studi cross-sectional. Kuesioner gadget dibagikan kepada orang tua, sedangkan kuesioner perilaku asertif dibagikan kepada guru untuk menilai perilaku asertif pada anak. Responden dalam penelitian ini adalah 36 siswa TK Al-Azhar Kid World Malang yang dipilih dengan menggunakan teknik total sampling. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan uji korelasi spearman untuk mengidentifikasi hubungan antara dua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari setengah responden memiliki intensitas pola bermain gadget yang tinggi dengan persentase 55,6% dan 80,6% responden memiliki perilaku asertif dengan kategori average. Hasil uji statistik korelasi spearman rank memiliki p-value 0,010 yang menunjukannya adanya hubungan yang signifikan antara dua variabel dengan dengan nilai koefisien korelasi spearman adalah -0,421. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pola bermain gadget yang tinggi dapat meningkatkan probabilitas terjadinya perilaku asertif yang kurang pada anak usia pra sekolah. Saran bagi orang tua untuk lebih meningkatkan pengawasan terkait durasi dan frekuensi pemberian gadget pada anak usia pra sekolah. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti secara lebih lanjut terkait hubungan pola bermain gadget terhadap perilaku asertif yang dipisahkan berdasarkan usia, yaitu dengan dipisahkan untuk usia 4 dan 5 tahun.
English Abstract
Social skills that must be achieved by pre-school ages are assertive abilities. Assertiveness is very important, especially in the formation of feelings and self-actualization in social interactions. Various factors can influence assertive behavior including gadget usage. The purpose of this study was to analyze the relationship between pattern of playing gadgets and assertive behavior in pre-school age. This study was conducted using cross-sectional study design. The gadget questionnaires were distributed to parents or guardians of childrens, meanwhile the questionnaires of assertive behavior were distributed to teachers to determine children's assertive behavior. Respondents in this study were 36 students of Al Azhar Kid’s World Malang Kindergarten who were selected by using total sampling technique. Data were analysed using descriptive statistics and spearman rank correlation statistics to identify the relationship between the two variable. The results showed that more than half of respondents had a high intensity of gadget playing patterns with a percentage of 55.6% and 80.6% of respondents had assertive behavior with an average category. Then, the results of the spearman rank correlation statistical test had a p-value of 0.010 which indicates that there was a significant relationship between the two variables with the spearman correlation coefficient value was -0.421.The conclusion of this study is that the high level of gadget playing patterns can increase the probability of less assertive behavior in preschool age. For parents, it is recommended to improve supervision regarding the duration and frequency of playing gadgets for pre-school age. Then for the next researcher, it is expected to be able to examine more deeply about the relationship between gadget playing patterns and assertive behaviors which are separated by age, that is by being separated for ages 4 and 5 years.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2019/67/051909128 |
Uncontrolled Keywords: | pola bermain gadget, perilaku asertif, pra sekolah, pattern of playing gadget, assertive behavior, preschool |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 612 Human Physiology > 612.6 Reproduction, development, maturation > 612.65 Child development |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 04:29 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175569 |
Preview |
Text
Fadiyatun Naja.pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |