Setyadji, Fransisca Pangeksi Dilah Kretarti (2019) Peralihan Kode dalam Kelas EFL oleh Mahasiswa Sarjana Program Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Alih kode biasanya terjadi di lingkungan bilingual, sehingga juga di Indonesia. Dari kasus ini, alih kode sering terjadi. Dalam konteks pendidikan, penggunaan alih kode diperlukan untuk dosen selama konteks pengajaran dan pembelajaran untuk mnegajarkan materi. Terkadang dalam lingkungan bilingual, guru menggunakan lebih dari satu bahasa ketika dia menyampaikan materi. dosen dapat mengajar siswa lebih mudah dengan menggunakan alih kode sebagai strategi. Di sisi lain, alih kode dapat digunakan dalam melakukan komunikasi antara guru dan siswa dalam proses belajar-mengajar ketika siswa tidak memahami maksudnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe dan alasan dalam penggunaan alih kode oleh dosen semester dua di Universitas Brawijaya Malang dan untuk mengetahui persepsi siswa dalam penggunaan alih kode oleh dosen. Data utama dalam penelitian ini adalah kuisioner dan merekam keadaan kelas. Kemudian data pendukung adalah wawancara. Dosen lebih sering menggunakan intra-sentential code switching karena dia merubah bahasanya di tengah – tengah kalimat. Selain itu, peneliti menemukan tujuh alasan menggunakan alih kode. Sebagian besar tujuan menggunakan alih kode oleh guru adalah berbicara tentang topik tertentu. Selain itu, hasil dari persepsi siswa tentang penggunaan alih kode oleh dosen disarankan karena dapat membantu siswa untuk menguasai materi dengan mudah dan memberikan efek positif dalam meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Oleh karena itu, disarankan bagi peneliti di masa depan untuk mengamati kasus ini karena alih kode sangat diperlukan selama proses belajar mengajar di kelas EFL. Dengan menggunakan penelitian kualitatif dan mengambil data selama satu semester, mungkin peneliti masa depan untuk mendapatkan hasil yang lebih rinci.
English Abstract
Code switching commonly occurs in bilingual environment, so does it in EFL classroom. In educational context, the use of code switching is needed for English teacher during teaching and learning context to deliver the material. On the other hand, code switching can be used in doing communication between teacher and student in teaching-learning process when the students do not understand the message. The purpose of this study is to know the types and reasons of usimg code switching by the English language education program‟s lecturers of second semester in Universitas Brawijaya Malang and to know about student‟s perceptiomn of using code switching by the lecturer. It is a qualitative research with naturalistic inquiry approach. The primary data of this research are questionnaire and class activiy records, then the supporting data is interview. The lecturer mostly uses intra-sentential code switching because he switches in the middle of the sentence. Furthermore, the researcher found that there are seven reasons of using code switching. Mostly the reason of using code switching by the lecturer is talking about particular topic. Moreover, the result of student‟s perception of using code switching by lecturer are suggested because it helps the students to master the material easily and gives a positive effect in increasing their speaking ability. Accordingly, it is recommended for future researcher to observe this case because code switching is very needed during teaching – learning process in EFL classroom. By using a qualitative research and retrieving data for one semester, it might be future researcher to get more detailed results.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIB/2019/310/051908810 |
Uncontrolled Keywords: | pergantian kode, jenis dan alasan alih kode, dua bahasa-code switching, types and reason of code swittching, bilingualism |
Subjects: | 400 Language > 401 Philosophy and theory; international languages > 401.4 Communication; semantics, pragmatics, languages for special purposes > 401.47 Languages for special purposes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 07:43 |
Last Modified: | 05 Aug 2020 07:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175557 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |