Perbedaan Tingkat Pengetahuan Keluarga tentang Manajemen Perawatan Diri Pasien Gagal Jantung Setelah Edukasi Kesehatan dengan Tindak Lanjut Melalui Telepon dan Kunjungan Rumah di RSI Unisma Malang.

Widayani, Ni Made Ari (2019) Perbedaan Tingkat Pengetahuan Keluarga tentang Manajemen Perawatan Diri Pasien Gagal Jantung Setelah Edukasi Kesehatan dengan Tindak Lanjut Melalui Telepon dan Kunjungan Rumah di RSI Unisma Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keluarga adalah sumber dukungan utama pasien gagal jantung dalam membantunya melakukan perawatan diri. Salah satu faktor ketidakmampuan keluarga membantu pasien melakukan perawatan diri adalah rendahnya pengetahuan manajemen perawatan diri pasien gagal jantung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan keluarga tentang manajemen perawatan diri pasien gagal jantung setelah edukasi kesehatan dengan tindak lanjut melalui telepon dan kunjungan rumah di RSI UNISMA Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah true experiment with control group pretest posttest, dengan jumlah sampel 20 orang ditentukan melalui teknik simple random sampling. Jumlah sampel dibagi 2 kelompok, 10 responden diberikan edukasi dengan tindak lanjut telepon dan 10 responden diberikan edukasi dengan tindak lanjut kunjungan rumah. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner DHFKS untuk mengukur tingkat pengetahuan responden. Analisi perbedaan tingkat pengetahuan antar kelompok menggunakan uji t tidak berpasangan yang menunjukkan nilai p-value sebesar 0,01 untuk skor DHFKS, artinya hipotesis peneliti diterima yaitu terdapat perbedaan tingkat pengetahuan keluarga tentang manajemen perawatan diri pasien gagal jantung setelah edukasi kesehatan dengan tindak lanjut melalui telepon dan kunjungan rumah di RSI UNISMA Malang. Secara keseluruhan kedua kelompok menunjukan peningkatan pada hasil skor rata-rata tingkat pengetahuan, namun hasil skor rata-rata tingkat pengetahuan pada kelompok edukasi dengan tindak lanjut kunjungan rumah lebih tinggi yaitu 6,1 dibandingkan kelompok tindak lanjut telepon 4,1., artinya edukasi dengan tindak lanjut kunjungan rumah lebih efektif dilakukan pada keluarga pasien gagal jantung. Berdasarkan hasil penelitian disarankan edukasi dengan tindak lanjut kunjungan rumah dapat diberikan oleh tenaga kesehatan kepada keluarga untuk meningkatkan pengetahuan keluarga tentang manajemen perawatan diri pasien gagal jantung.

English Abstract

Family is the main source of support for heart failure patients in helping them carry out self-care. One factor in the family's inability to help patients perform self-care is the low knowledge of self-care management for heart failure patients. The purpose of this study was to determine the differences in the level of family knowledge about self-care management of heart failure patients after health education with follow-up via telephone and home visits at the UNISMA Hospital in Malang. The research design used was true experiment with the control group pretest posttest, with a sample of 20 people determined through simple random sampling technique. The number of samples was divided into 2 groups, 10 respondents were given education with telephone follow-up and 10 respondents were given education with follow-up home visits. The research instrument used a DHFKS questionnaire to measure the level of knowledge of respondents. Analysis of differences in level of knowledge between groups using unpaired t test which shows a p-value of 0.01 for DHFKS scores, meaning that the researcher's hypothesis is accepted, namely there are differences in the level of family knowledge about self-care management of heart failure patients after health education with follow-up by telephone and home visits at the UNISMA Hospital in Malang. Overall the two groups showed an increase in the results of the average level of knowledge, but the results of the average score of knowledge in the education group with follow-up home visits were higher, namely 6.1 compared to the follow-up group of 4.1, meaning education with follow-up home visits are more effective for families of heart failure patients. Based on the results of the study it is suggested that education with follow-up home visits can be provided by health workers to families to increase family knowledge about the management of self-care for heart failure patients.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/54/051909118
Uncontrolled Keywords: Edukasi Kesehatan, Tindak Lanjut, Telepon, Kunjungan Rumah, Gagal Jantung. Health Education, Follow-Up, Telephone, Home Visits, Heart Failure
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.1 Diseases of cardiovascular system > 616.12 Diseases of heart > 616.129 Heart failure
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:43
Last Modified: 19 Oct 2021 03:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175531
[thumbnail of Ni Made Ari Widayani.pdf]
Preview
Text
Ni Made Ari Widayani.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item