Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Di SD IT An Nur dan SD IT Al Mukminun

Mufidah, Rismala Inas (2019) Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Di SD IT An Nur dan SD IT Al Mukminun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan aspek penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak karena orang tua merupakan tempat pertama anak tumbuh dan berkembang. Kekurangan pada salah satu aspek perkembangan akan mempengaruh perkembangan anak selanjutnya hingga dewasa. Salah satu perkembangan yang perlu mendapat sorotan penting yaitu perkembangan kognitif. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat perkembangan kognitif pada anak usia sekolah di SD IT An Nur dan SD IT Al Mukminun. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional dengan pemberian kuesioner pada responden. Responden yang mengikuti penelitian ini berjumlah 45 orang tua dan 45 anak yang berumur tujuh tahun saat dilakukan penelitian. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dengan tingkat perkembangan kognitif pada anak usia sekolah, (p-value=0.001, ⍺=0.05). Hasil uji statistik spearman correlation rank menunjukkan hubungan searah yaitu semakin baik pola asuh orang tua, maka semakin baik pula perkembangan kognitif anak (r=0.486). Disimpulkan bahwa mayoritas orang tua menerapkan pola asuh demokratis dan mayoritas anak memiliki perkembangan tinggi. Disarankan kepada orang tua untuk lebih memperhatikan pola asuh yang diterapkan kepada anaknya supaya dapat memaksimalkan perkembangan kognitif anak. Saran untuk perawat perlu dipahami pentingnya pola asuh orang tua dan hubungannya dengan perkembangan kognitif anak.

English Abstract

Parenting is an important aspect of children's growth and development because parents are the first place children grow and develop. Lack in one aspect of development will affect the child development until adulthood. Children development that needs to be highlighted is cognitive development. The aim of the study was to analyze the relationship between parenting styles and the level of cognitive development in school-age children at the SD IT An Nur and SD IT Al Mukminun. This study uses a correlational approach by giving questionnaires to respondents. Respondents who took part in the study were 45 parents and 45 children who were seven years old during the study. The results of this study show that there is a relationship between parenting style applied by parents and the level of cognitive development in school-age children (p-value = 0.001, ⍺ = 0.05). The results of the Spearman correlation rank statistical test show an equal relationship, can be concluded that better parenting style will affect children cognitive development in a better way (r = 0.486). It can be concluded that the majority of parenting style is democratic and the majority of children had high development. It is recommended for parents to pay more attention to the parenting style applied to their children in order to maximize children's cognitive development. Suggestions for nurses need to be understood the importance of parenting stye and the relationship with children's cognitive development.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/53/051909117
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Tingkat Kemampuan Kognitif, Anak Usia Sekolah, Parenting style, Cognitive Development, School-age children
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 612 Human Physiology > 612.6 Reproduction, development, maturation > 612.65 Child development
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:29
Last Modified: 19 Oct 2021 03:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175530
[thumbnail of Rismala Inas Mufidah.pdf]
Preview
Text
Rismala Inas Mufidah.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item