Ulwanda, Vania Arieta (2019) Aktualisasi Diri Tokoh Sakata Akiko dalam film Gakkou e Ikenakatta Watashi ga Anohana Kokosake wo Kaku Made Karya Sutradara Hideki Fujinami. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada penelitian ini membahas tentang aktualisasi diri tokoh Sakata Akiko yang tergambar dalam film Gakkou e Ikenakatta Watashi ga “Ano hana” “Kokosake” wo Kaku Made. Film ini menceritakan tentang kehidupan Sakata Akiko yang merupakan seorang hikikomori. Dirinya tidak pernah pergi bersekolah dan bersosialisasi dengan masyarakat sekitarnya. Penulis meneliti aktualisasi diri Sakata Akiko, walaupun dirinya adalah seorang hikikomori yang tidak sekolah dan bersosialisasi dengan dunia luar, Akiko dapat menjadi seorang penulis naskah terkenal. Penelitian ini menggunakan teori psikologi sastra dan kebutuhan bertingkat Abraham Maslow. Kebutuhan bertingkat tersusun sebagai kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan rasa kasih sayang, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan akan aktualisasi diri. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh Sakata Akiko telah mencapai kebutuhan akan aktualisasi diri. Kebutuhan fisiologis Akiko seperti makan, tidur, dan lainnya terpenuhi karena Akiko tinggal bersama ibunya. Kedua, kebutuhan rasa aman juga Akiko dapatkan dari Ibunya yang melindungi dirinya dan selain itu kebutuhan ini terpenuhi ketika Akiko berada di Tokyo. Ketiga, kebutuhan kasih sayang Akiko dapatkan dari perhatian yang diberikan dari kakek, Imai dan Fukuoka. Keempat, kebutuhan akan penghargaan terpenuhi saat interview perusahaan, Akiko berubah menjadi lebih percaya diri dari sebelumnya, kemudian Akiko juga dapatkan ketika dipercaya mengerjakan pekerjaan besar dari klien asing. Terakhir adalah kebutuhan aktualisasi diri Akiko dapatkan ketika Akiko sadar ternyata banyak orang yang menyayangi dan mendukung dirinya. Lalu, Akiko menyukai pekerjaannya sehingga bisa memilih jalan hidup yang sesuai dengan potensi yang ada di dalam dirinya.
Other obstract
本研究に関しては『学校へ行けなかった私が「あの花」「ここさけ」を書くまで』という映画で安喜子の自己実現を研究して、どうやって安喜子は引きこもりの生活から放すことができるのかを研究する。学校へ行ってないと周りの人との付き合いが良くなくても、今の安喜子は有名な脚本家になった。 理論は文学心理学とマズローの欲求5段階説を使う。その5つの欲求が以下は生理的欲求、安全の欲求、所属と愛の欲求、承認の欲求と自己実現の欲求だ。調査方法は記述的定性的調査方法を使う。 結果、安喜子は自己実現をすることができた。安喜子はお母さんと一緒住んでいるから、飢えなどの生理的欲求が満たした。二つ目は、お母さんから安全性をもらった、そして、東京にいった時安全の欲求が満たした。三つ目、所属と愛の欲求はお祖父さん、今井、と福岡からもらった。四つ目、インタビューの時安喜子の前のよりもっと自信を持ったので、承認の欲求が満たした。五つ目、安喜子が愛し応援してくれた人がたくさんいることにやっと気づいた。それから、安喜子は自分の勢力を要する仕事を恋しくなっているから、自己実現の欲求が満たした。
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIB/2019/304/051908804 |
Uncontrolled Keywords: | Hikikomori, Psikologi Sastra, Teori Kebutuhan Bertingkat |
Subjects: | 700 The Arts > 791 Public performances > 791.4 Motion pictures, radio, television > 791.43 Motion pictures > 791.437 Films |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 07:43 |
Last Modified: | 05 Aug 2020 07:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |