Rizky, Feny Isnandiyah (2019) Hubungan antara Durasi dan Frekuensi Penggunaan Gadget dengan Interaksi Sosial Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) di TK Islam Terpadu As-Salam Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada saat ini, teknologi informasi maupun komunikasi berkembang sangat pesat salah satunya yaitu gadget. Gadget tidak hanya bagi orang dewasa saja, tetapi anak balita sudah diperkenalkan gadget. Anak mengenal gadget karena melihat orang tua yang menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara antara durasi dan frekuensi penggunaan gadget dengan interaksi sosial anak usia prasekolah (3-6 Tahun) di TK Islam Terpadu As-Salam Kota Malang. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional untuk mengukur variabel durasi dan frekuensi penggunaan gadget dan interaksi sosial. Sampel diambil dengan metode purposive sampling sehingga didapatkan responden sebanyak minimal 97 anak. Pada penelitian ini mayoritas responden memiliki durasi penggunaan gadget dalam kategori cukup, frekuensi penggunaan gadget kategori rendah, dan interaksi sosial kategori cukup. Hasil uji spearman rank mempunyai p-value 0.001 dengan koefisien korelasi sebesar -0.402 dan -0.370. Nilai tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara durasi dan frekuensi penggunaan gadget dengan interaksi sosial dimana hasil negatif yaitu hubungan yang berlawanan artinya semakin tinggi durasi dan frekuensi penggunaan gadget maka semakin rendah kemampuan interaksi sosial pada anak, begitu pula sebaliknya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan signifikan antara durasi dan frekuensi penggunaan gadget dengan interaksi sosial anak usia prasekolah (3-6 Tahun). Saran yang dapat diberikan dari peneliti kepada orang tua yaitu perlu memberikan tindakan tegas dalam penggunaan gadget pada anak dengan cara memberikan batasan waktu serta meningkatkan interaksi dengan anaknya untuk mendukung petumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu, pihak sekolah perlu melakukan edukasi terkait penggunaan gadget yang sesuai pada anak.
English Abstract
Presently, the technology of information and communication rapidly grows, one of them is gadget. Gadget is not for adults, but children have been introduced to a gadget. Children be acquainted with gadgets because they perceive their parents who use them in their daily activities. This study was aimed to analyze the relationship between the duration and frequency of the gadget use with social interactions of preschool children (3-6 years) in As-Salam Integrated Islamic Kindergarten in Malang. This research used a cross sectional design to measure the variable duration and frequency of the gadget use and the social interaction. Samples were obtained by purposive sampling method so that respondents of this study as many as 97 children. Most respondents had the duration of using the gadget in a sufficient category, frequency of using the gadget was in a low, and a sufficient of social interaction. The results of the spearman correlation rank statistical test had p-value 0.001 with correlation coefficient of -0.402 and -0.370. This value indicated that there was a strong significant relationship between the quality of interaction with the social interaction behavior where negative results indicated the existence of an inconsistency relationship, it meant the higher of the duration and frequency of the gadget use then the lower the ability of social interaction that existed in children, and vice versa. The study concludes that there is a significant relationship between the duration and frequency of the use of gadget with social interactions of preschool children (3-6 years). Suggestions that can be given from researchers to parents is that they need to provide a firm action in the gadget use in children by providing the time limits and increasing interactions with their children to support the growth and development of the children. In addition, the school needs to do edification related to the use of an appropriate gadget for children.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2019/63/051909114 |
Uncontrolled Keywords: | Gadget, Durasi, Frekuensi, Interaksi Sosial, Prasekolah, Gadget, Duration, Frequency, Social Interaction, Preschool |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 612 Human Physiology > 612.6 Reproduction, development, maturation > 612.65 Child development |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 04:29 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175525 |
Preview |
Text
Feny Isnandiyah Rizky.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |