Students and Teacher’s Perception of Oral Corrective Feedbacks in Pronunciation

Sarjito, Nur Afni Ina Rahma (2019) Students and Teacher’s Perception of Oral Corrective Feedbacks in Pronunciation. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Inggris ditetapkan sebagai sebuah bahasa asing di Indonesia. Bahasa Inggris mempunyai empat keterampilan yang perlu dipelajari. Berbicara yang menjadi keterampilan paling penting dari pada keterampilan yang lain. Hal itu digunakan untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lain. Siswa EFL yang mencoba mempelajari bahasa Inggris dengan melalui berbicara menghadapi masalah dalam pelafalan Bahasa Inggris mereka. Oleh karena itu diperlukan koreksi umpan balik secara lisan yang diberikan oleh guru. Jadi, eror tidak akan menjadi fosil. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi siswa dan guru tentang koreksi umpan balik secara lisan dalam pengucapan Bahasa Inggris oleh siswa kelas 8. Penelitian ini menggunakan metode campuran dalam mengumpulkan data. Subjek penelitian ini adalah 69 siswa kelas 8 di kelas 8-1 dan 8-2 SMP Kemala Bhayangkari 7 Porong dan seorang guru Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan dua instrumen yaitu angket dan wawancara. Dalam angket Ada 20 pertanyaan diklarifikasikan menjadi 5 indikator. Kemudian dalam pedoman wawancara ada 15 pertanyaan diklarifikasikan menjadi 9 indikator. Penelitian ini diadaptasi dari teori Wahyu Anggraeni (2012) dikombinasikan dengan Xiaoyu Huang & Xiao’ ou Jia (2016). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merasakan koreksi umpan balik secara lisan yang diberikan oleh guru baik. Hal itu juga memotivasi mereka untuk mengucapkan setiap kata dengan benar dan berbicara Bahasa Inggris dengan baik, dan memfasilitasi mereka untuk mengkoreksi diri mereka sendiri. Kemudian, persepsi guru adalah siswa memahami umpan baliknya secara positif. Hal ini juga memotivasi dan mendorong siswa untuk meningkatkan kemampuan berbicara mereka dengan baik meskipun tidak semua siswa termotivasi karena tidak semua siswa tertarik belajar Bahasa Inggris. Bagi guru penelitian ini bisa menjadi informasi yang bermakna untuk meningkatkan umpan balik korektif lisannya. Dia juga tahu apa yang siswa inginkan dalam umpan balik korektif lisan. Ini juga dapat memberikan informasi kepada siswa tentang jenis umpan balik dan alasan mengapa guru memberi mereka umpan balik. Informasi tentang umpan balik korektif lisan dapat ditemukan dalam penelitian ini untuk referensi peneliti berikutnya.

English Abstract

English is a foreign language in Indonesia. English has four skills that need to be learnt. Speaking is the most important skill among the other skills. It used to communicate each other. EFL students that try to learn English through speaking face a problem in their pronunciation. That is why oral corrective feedbacks given by teacher is needed. So, the error would not fossilized. This research is conducted to find out students’ and teacher perception of oral corrective feedbacks especially in pronunciating by the 8th grade students. This research used mix method in collecting the data. The subject of this research was 69 students of the eight grade in class VIII-1 and VIII-2 of SMP Kemala Bhayangkari 7 Porong and an English teacher. This research used two instruments which are questionnaire and interview. In questionnaire there were 20 questions classified into 5 indicators. Then in interview guideline, there were 15 questions classified into 9 indicators. This study adapted from Wahyu Anggraeni (2012) combined with Xiaoyu Huang & Xiao’ ou Jia (2016) theory. The results showed that the students perceived the teacher’s oral corrective feedbacks in pronunciation was good. It also helpful to motivate them to pronunce every word correctly and speak English well, and facilitate their self-correction. Then, the teacher’s perception was the students’ positively in perceiving her feedbacks. It also motivated and encouraged students to improve their speaking well although not all students are motivated because not all are interested in English. It is suggested to the teacher, students, and researcher. For the teacher it could be meaningful information to increase her oral corrective feedback. She also knew what’s the students want in oral corrective feedback. It also could give information for the students about kinds of feedback and the reason why the teacher gave them feedback. Information about oral corrective feedbacks can be found in this research for reference to the next researcher.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/256/051908714
Uncontrolled Keywords: Persepsi, koreksi umpan balik secara lisan dalam pengucapan Bahasa Inggris, pengucapan-Perception, oral corrective feedbacks, pronunciation.
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.1 Teachers and teaching, and related activities > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 06 Oct 2020 11:29
Last Modified: 20 Jan 2022 02:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175490
[thumbnail of Nur Afni Ina Rahma Sarjito.pdf]
Preview
Text
Nur Afni Ina Rahma Sarjito.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item