Gambaran Ikumen Pada Tokoh Kouhei Inuzuka Dalam Anime Amaama To Inazuma Karya Sutradara Tarou Iwasaki

Surbakti, Hari Dharma (2019) Gambaran Ikumen Pada Tokoh Kouhei Inuzuka Dalam Anime Amaama To Inazuma Karya Sutradara Tarou Iwasaki. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini di Jepang ada sebuah istilah yang disebut “Ikumen” (イクメン) yang berarti pria atau ayah yang secara aktif melakukan pengasuhan kepada anak. Ikumen sendiri berasal dari gabungan dua kata yaitu iku dari ikuji dan men yang berarti pria yang mengasuh anak. Penulis mengambil Ikumen di dalam anime Amaama to Inazuma adalah karena Ikumen yang digambarkan terlihat sangat jelas dan Ikumen merupakan sesuatu hal yang saat ini banyak terjadi dan sedang berkembang pesat di dalam masayarakat, terutama di Jepang, sehingga penulis tertarik untuk membahasnya. Sehingga rumusan masalah untuk penelitian ini adalah bagaimana gambaran Ikumen pada tokoh Kouhei Inuzuka dalam anime Amaama To Inazuma karya sutradara Tarou Iwasaki. Teori yang penulis gunakan untuk meneliti Ikumen pada tokoh Kouhei Inuzuka adala adalah sosiologi sastra Ian Watt dengan cara yang kedua yaitu dengan mengkaji sastra sebagai cerminan masyarakat. Selain itu, penulis menggunakan teori Ikumen dan teori anime dari Robin E. Brenner. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Hasil penelitian yang ditemukan penulis adalah gambaran bentuk kegiatan Ikumen yang ada pada tokoh Kouhei Inuzuka, yaitu bentuk keterlibatan ayah dalam mengasuh anak dan melakukan pekerjaan rumah tangga seperti menyiapkan bekal makanan, membersihkan rumah, memasak, menjahit, mengantar anak ke sekolah, menghadiri kegiatan anak di sekolah, memarahi dan memuji anak dan bermain bersama anak.

Other obstract

現在、日本にはイクメンという社会変動化が発生している。イクメンはイクジ(育児)とメン(男性)の組み合わせる言葉である。単純にイクメンの意味は積極的に子育てする男性である。『甘々と稲妻』アニメにイクメンを分析の理由は現在の日本社会にイクメンが発達しているからだ。そのため、この研究の本論は岩崎太郎の「甘々と稲妻」アニメにおける主人公犬塚公平のイクメンを分析する。 犬塚公平のイクメンを分析するために研究者はイアンワット文芸社会学論を使用して、二番目の方法は文学が社会の鏡像として分析する。研究者はイクメンに関する理論とブレンナーのアニメ理論も使用する。研究方法が分析的な記述を使用する。 この研究の結果は研究者が犬塚公平からのイクメンの活動記述を発見した。それは、男性が育児と家事で活躍している。例えば、お弁当を用意し、うちを掃除し、料理し、服を縫い、学校へ届け、学校で行うイベントに参加し、怒る褒めるし、子供と一緒に遊ぶことだった。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/255/051908713
Uncontrolled Keywords: Sosiologi Sastra, Ikumen, Anime Amaama To Inazuma
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 808 Rhetoric and collections of literary texts from more than two literatures > 808.8 Collections of literary texts from more than two literatures > 808.83 Collections of fiction > 808.830 952 Collections of fiction (Japan)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Oct 2020 11:50
Last Modified: 28 Dec 2021 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175489
[thumbnail of Hari Dharma Surbakti.pdf]
Preview
Text
Hari Dharma Surbakti.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item