Peran Pemerintah dalam Menangani Fenomena Shoushika Shakai pada Anime Koi to Uso Karya Sutradara Seiki Takuno.

Fildza, Hadfina Ella (2019) Peran Pemerintah dalam Menangani Fenomena Shoushika Shakai pada Anime Koi to Uso Karya Sutradara Seiki Takuno. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Shoushika shakai merupakan suatu fenomena menurunnya angka demografis kelahiran bayi, yang menyebabkan kurangnya tenaga kerja produktif yang dapat berakibat buruk pada perekonomian negara. Fenomena ini muncul dalam anime Koi to Uso mengenai undang-undang Yukari. Undang-undang Yukari berisikan mengenai ketetapan bahwa pasangan hidup seseorang telah ditentukan oleh pemerintah. Undang-undang Yukari merupakan program pemerintah yang dibuat guna menangani fenomena shoushika shakai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pemerintah dalam menangani fenomena shoushika shakai pada anime Koi to Uso. Dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra untuk mengidentifkasi dan menggambarkan suatu fenomena dalam masyarakat yang ada dalam sebuah karya sastra. Serta didukung oleh mise en scene sebagai alat bantu dalam mengumpulkan data, dengan cara memasukkan potongan gambar, kemudian mendeskripsikan antara poin-poin dengan gambar yang mendukung dalam anime Koi to Uso. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat lima peran pemerintah dalam menangani fenomena shoushika shakai pada anime Koi to Uso, yaitu membuat program yang berupa undang-undang Yukari, dengan cara memberi surat edaran kepada pemuda yang berusia 16 tahun yang berisi tentang pasangan hidupnya; mengadakan pertemuan perjodohan atau miai yang bertujuan untuk mempertemukan pemuda yang telah mendapatkan surat itu agar mengenal satu sama lain; melakukan pemantauan menggunakan CCTV oleh pemerintah dan juga pemantauan oleh guru disekolah; memberikan fasilitas dan penyuluhan mengenai seks, agar mengerti sisi positif dan negatifnya; dan mengadakan pernikahan setelah semua peran pemerintah itu selesai dilakukan.

Other obstract

少子化社会は減るの現象が赤ちゃんの生まれる、生産的な労働力の不足を引き起こし、それが国の経済に悪影響を及ぼす可能性がある。この現象はアニメ恋と嘘います、「ゆかり法」と呼ばれる。ゆかり法について政府は将来の結婚相手が施行される。少子化社会ために将来はゆかり法が作られました。 この研究行き先はアニメ恋と嘘現象を防ぐが少子化社会が政府の役割言及する。文学の社会学理論を使って文学作品に社会に現象が説明と識別する。Mise en scene使ってにもデータの集めるのため、写真を着ける、それからアニメ恋と嘘にポイントと写真をふさわしいが説明した。 この研究の結果は、アニメ恋と嘘現象を防ぐが少子化社会が政府の役割は五つある。それは、ゆかり法が作る、ちなみにちなみに六十歳の男の子なると政府により将来の結婚相手が通知される;見合いしますのためにこの男の子お互いを知る;政府はCCTVと監視されから先生と監視される;設備とセクスの理解を深める;すべてが終わった後結婚を開催した。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/270/051908728
Uncontrolled Keywords: Anime Koi to Uso, Shoushika Shakai, Sosiologi Sastra
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 808 Rhetoric and collections of literary texts from more than two literatures > 808.8 Collections of literary texts from more than two literatures > 808.83 Collections of fiction > 808.830 952 Collections of fiction (Japan)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Oct 2020 11:22
Last Modified: 06 May 2024 01:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175400
[thumbnail of Hadfina Ella Fildza.pdf] Text
Hadfina Ella Fildza.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item