Representasi Kebudayaan Jepang dalam Iklan Shinzu’i Ume Body Mist versi Ume Love Story (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Pratiwi, Diana (2019) Representasi Kebudayaan Jepang dalam Iklan Shinzu’i Ume Body Mist versi Ume Love Story (Analisis Semiotika Roland Barthes). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggunakan objek berupa iklan produk parfum berjudul Shinzu’i Ume Body Mist versi Ume Love Story yang menceritakan tentang empat orang gadis Jepang bernama Ayumi, Keiko, Iseya, dan Hatsune, yang tengah menjalani program pertukaran pelajar di Indonesia. Keempatnya akan terhubung dengan seorang pemuda bernama Arif di sekolah tempat mereka menjalani program pertukaran pelajar. Cerita tersebut disajikan dalam 9 bagian yang dipublikasikan setiap seminggu sekali mulai dari 7 Mei 2018 hingga 11 Juni 2018. Fokus penelitian ini terletak pada naskah teks dan visualisasi iklan parfum Shinzu’i Ume Body Mist versi Ume Love Story. Dengan lebih berkonsentrasi pada makna yang diciptakan oleh tanda-tanda verbal dan nonvebal yang digunakan dalam iklan, penelitian ini ingin menjelaskan makna denotasi dan konotasi yang dimilikinya serta mengidentifikasi kebudayaan-kebudayaan Jepang yang ada dalam iklan tersebut menggunakan teori Semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa representasi kebudayaan Jepang yang ditemukan dan berhasil diinterpretasikan melalui berbagai tanda verbal maupun non-verbal, yaitu penggunaan bahasa Jepang baik dalam lisan maupun tulisan, adanya huruf hiragana dan kanji Jepang, seifuku, bunga prem atau aprikot Jepang, bunga sakura, yukata, dan boneka kokeshi. Tanda-tanda tersebut merembes masuk ke dalam teks guna menjadi daya tarik produk dan turut mempromosikan budaya-budaya Jepang.

Other obstract

本研究の対象は『しんずいウメ・ボディミストのラブストーリー』という香水の広 告である。この広告は、歩美、恵子、いせや、初音の4 人の日本の女の子 について、語っている。彼女らはインドネシアで学生交換プログラムを受 けている。後に彼女らは、学生交換プログラムを受け学校でアリフという 男の子と親しくなる設定である。このストーリーは、2018 年5 月7 日か ら2018 年6 月11 日まで毎週放送され9 つのセクションに分けている。 本研究の焦点はテキストと『しんずいウメ・ボディミストのラブストー リー』の香水広告のビジュアリゼーションである。広告にて使用される口 頭および非口頭のサインによって意味をもっと集中することであ。本研究 はそれらが持っている意味を説明し、広告にある日本文化を識別したいと 思う。また、本研究はローランド・バーテスの記号論の理論を使った。 本研究の結果は、口頭と書面の両方での日本語の使用、ひらがなの存在、 漢字、清福、日本のプラムなどの様々な口頭および非言語的徴候を通して 発見され成功裏に解釈された日本文化の表現を示すウメ、桜、浴衣、こけ しである。これらの兆候は消費者を引き付け、日本の文化を促進するため テキストに浸透する。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/284/051908784
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Tanda, Iklan, Representasi, Lambang, Kebudayaan
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 07 Oct 2020 15:00
Last Modified: 28 Mar 2024 06:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175310
[thumbnail of Diana Pratiwi.pdf] Text
Diana Pratiwi.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item