Perbedaan Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak Usia Prasekolah Antara yang Mengikuti dengan Yang Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini.

Khoiriah, Aida Novyanti (2019) Perbedaan Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak Usia Prasekolah Antara yang Mengikuti dengan Yang Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak prasekolah yaitu usia 4-6 tahun sedang dalam periode the golden age yaitu anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Perkembangan yang dialami antara lain perkembangan bahasa dan kognitif. Perkembangan bahasa pada tiap individu anak bergantung pada kemampuan neurologik, anak yang memiliki perkembangan kognitif baik berpeluang besar dapat berbicara dan berbahasa dengan baik. PAUD menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal, karena lingkungan PAUD kaya akan stimulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan bahasa dan kognitif anak usia prasekolah antara yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti PAUD di TK-IT Insan Permata Malang. Penelitian ini menggunakan metode observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dipilih menggunakan teknik total sampling. Jumlah responden 47 anak terdiri dari 23 anak yang mengikuti PAUD dan 24 anak yang tidak mengikuti PAUD yang diteliti pada bulan November 2018. Instrumen penelitian yaitu Denver Development Screening Test II untuk mengukur perkembangan bahasa dan lembar kuesioner perkembangan kognitif untuk mengukur perkembangan kognitif. Penelitian ini menggunakan uji statistik non parametric yaitu Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan bahasa kategori normal pada anak yang mengikuti PAUD (95,7%) lebih tinggi dibanding anak yang tidak mengikuti PAUD (41,7%) dengan hasil signifikasi P value = 0,000. Perkembangan kognitif baik pada anak yang mengikuti PAUD (95,7%) lebih tinggi dibanding anak yang tidak mengikuti PAUD (37,5%) dengan hasil signifikasi P value = 0,000.

English Abstract

Preschool children, aged 4-6 years old being in the golden age period when they experiencing rapid growth and development. Development experienced include language and cognitive development. Language development in each individual child depends on neurological abilities. Children who have good cognitive development will have a big chance to speak in good language. Early Childhood Education supports optimal growth and development of children, because Early Childhood Education's environment has a lot of stimulation. This study aims to determine the differences in language and cognitive development of preschool children between who did attend and did not attend Early Childhood Education in TK - IT Insan Permata Malang. This study used analytical observations method with cross sectional approach and used total sampling technique with 47 children as respondents which were studied in November 2018. The study using two instruments, which is Denver Development Screening Test II to measured language development and cognitive questionnaire to measured cognitive development. Non Parametric Chi Square statisctical test were used in this Study. The result showed normal category language development in children who did attend Early Childhood Education (95.7%) significantly higher than children who did not (41,7%) P value 0,000. Good development cognitive in children who attended Early Childhood Education (95,7%) significantly higher than children who did not (37,5%) P value 0,000. So there were significant differences between the language and cognitive development of children who did attend Early Childhood Education with did not.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/122/051909222
Uncontrolled Keywords: Perkembangan bahasa, Perkembangan kognitif, PAUD. Language development, Cognitive development, Early Childhood Education
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 612 Human Physiology > 612.6 Reproduction, development, maturation > 612.65 Child development
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:27
Last Modified: 11 Mar 2022 08:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175287
[thumbnail of Aida Novyanti KhoiriahOK.pdf]
Preview
Text
Aida Novyanti KhoiriahOK.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item