Manajemen Sistem Informasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Sebagai Optimalisasi Program Pengembangan Sekolah (Studi Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang)

Kurniawan, Trias Farid (2019) Manajemen Sistem Informasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Sebagai Optimalisasi Program Pengembangan Sekolah (Studi Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari adanya sebuah penerapan pendataan pendidikan berbasis sistem informasi, yang disebut Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Penerapan Dapodik di Kab.Lumajang khususnya, terdapat beberapa permasalahan yang menghambat proses pendataan, yaitu seperti : Masalah Invalid System, Gagal Sinkronisasi Data, Gagal Pengiriman & Kendala Teknis Adanya Pembaruan dan Pengembangan Sistem. Dari adanya masalahmasalah tersebut dapat menjadi penghambat proses dari pengembangan sekolah. Maka dari itu peneliti mengambil judul “Manajemen Sistem Informasi Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Sebagai Optimalisasi Program Pengembangan Sekolah” dengan studi riset Dinas Pendidikan Kab.Lumajang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari Dinas Pendidikan Kab.Lumajang yang bertugas menjalankan pendataan Dapodik dan menjalankannya perannya dalam penanganan teknis serta bertugas dalam mengelola data-data Dapodik yang terkumpul untuk dijadikan sebagai acuan data pada aspek Program Pengembangan Sekolah di Kab.Lumajang. Penelitian ini berlokasi pada Dinas Pendidikan wilayah Kab.Lumajang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Deskriptif Kualitatif dengan Pendekatan Kualitatif. Serta teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah Observasi, Wawancara & Dokumentasi. Dengan mengunakan metode Analisis Data Model Interaktif (Miles, Huberman & Saldana). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, bahwasannya Dinas Pendidikan Kab.Lumajang telah cukup baik dalam menjalankan penerapan pendataan Dapodik. Dikarenakan sudah mengoptimalkandata yang terkumpul untuk acuan data dari Program Pengembangan Sekolah di Kab.Lumajang. Namun penerapan pendataan Dapodik sendiri belum optimal, karena masalah teknis dari Dapodik selalu ada serta di Dinas Pendidikan Kab.Lumajang belum melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis secara berlanjut dan belum ada monitoring dan evaluasi dalam memantau keberhasilan Dapodik lalu penanganan teknis sendiri di Dinas Pendidikan sendiri hanya dijalankan oleh satu operator yang harusnya perlu adanya penambahan tenaga operator untuk penanganan teknis.

English Abstract

The background of this research it’s starting from there’s a practice data collection education in the based information system, and the term is Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Aplication Dapodik in Lumajang District especially, there’s a some problematics could be impact inhibit processing data collection, that is a : Invalid System, Syncronization Failed, Sending Failed and There’s Technic Problem in The Development Renewal System. From that some problems can be inhibit processing from School Development Program. That’s why the reseaarcher self take a title “Information Systems Management Of Dapodik (Data Pokok Pendidikan) As Optimization School Development Program” and Research Study it’s in the Education Agency Lumajang District. The Purpose on this research it’s to knowing role of Eduaction Agency Lumajang District on duty as execute data collection Dapodik and execute the role to handle technic problem and on duty to managing data Dapodik collected for to be as data referencies on the aspec School Developmetn Program in the Lumajang District. Location of this research study is in the Education Agency Lumajang District. Type of this research it’s use with Qualitative Descriptive and Qualitative Approach. And the technic method data colletion it’s used proces interview, documentation and Observasion. And the Analyze Data Methods it’s used Interactive Model (Miles, Huberman and Saldana). Based on the results of research that has been done, that Education Agency in the Lumajang District it’s has good enough to execute aplication data collection Dapodik. Cause have been to optimalizing data have been collective for data referencies from School Development Program in Lumajang District. But practice Data Collection Dapodik self still not optimal, cause the some problem of technic always there and Education Aganecy in Lumajang District it’s not yet to socialisation technical guidance in a manner continue and still not yet act monitoring evaluation to monitor succesly from Dapodik practice and then technical handling in Education Agency Lumajang District just on the one operator cause should to need addition operator to technical handling

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/626/051909473
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sistem Informasi, Dapodik dan Pengembangan Sekolah.
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:07
Last Modified: 31 Jul 2023 01:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175277
[thumbnail of Trias Farid Kurniawan (2).pdf] Text
Trias Farid Kurniawan (2).pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item