Implementasi Kebijakan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Sekolah Dalam Menunjang Pembelajaran Siswa(Studi di SMPN 3 Kepanjen)

Trisna, Shinta Anjani (2019) Implementasi Kebijakan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Sekolah Dalam Menunjang Pembelajaran Siswa(Studi di SMPN 3 Kepanjen). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemenuhan sarana dan prasarana sekolah adalah, upaya yang dilakukan sekolah untuk memenuhi, sarana parsana sekolah sesuai dengan standar-standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah yang bertujuan untuk menunjang pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi kebijakan pemenuhan sarana dan prasarana sekolah di SMP 3 Kepanjen serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dihadapi sekolah dalam menerapkan implementasi kebijakan pemenuhan sarana dan prasarana sekolah dalam menunjang pembelajaran siswa. Proses penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2019 yang berlokasi di Kepanjen Kabupaten Malang dengan siklus penelitian di SMPN 3 Kepanjen. Indikator indikator sekolah yang diteliti yaitu prosedur yang dilakukan SMP 3 Kepanjen dalam pemenuhan sarana dan prasarana sekolah, aktor pelaksana dan penerima dalam pemenuhan sarana dan prasarana sekolah, kesesuaian pemenuhan sarana dan prasarana sekolah dengan Permendiknas No 24 Tahun 2007, pemenuhan sarana dan prasarana sekolah dalam menunjang pembelajaran siswa. Hasil penelitian bahwa dalam implementasi Kebijakan Pemenuhan sarana dan prasarana sekolah dalam menunjang pembelajaran siswa di SMPN 3 Kepanjen yaitu SMPN 3 Kepanjen dalam pemenuhan sarana dan prasarana sekolah menggunakan prosedur-prosedur yang sudah ada seperti, Perencanaan,pengadaan,Inventarisasi,Pemeliharaan,dan Penghapusan sarana dan prasarana sekolah. SMPN 3 Kepanjen.Siswa di SMPN 3 Kepanjen juga menuturkan jika sarana dan prasarana sangat mempengaruhi mereka dalam proses pembelajaran sehingga menurut mereka sangat penting agar sarana dan prasarana sekolah di SMPN 3 Kepanjn menjaga agar sarana dan prasarana sekolah tetap baik. Penulis merumuskan saran sebagai berikut: ada beberapa sarana dan prasarana sekolah yang belum begitu terawat sebaiknya dioptimalkan dalam pemeliharanya tidak fokus pada sarana prasarana sekolah yang baru, siswa juga ikut serta merawat sarana dan prasarana sekolah yang sudah ada , sehingga dengan adanya pemeliharaan dari tim sarana prasarana sekolah serta dari siswa, sarana prasarana sekolah akan awet dan tidak mudah rusak, dan yang terakhir tim vi sarana dan prasarana dapat menggunakan teori-teori implemtasi yang ada agar implementasi kebijakan dalam pemenuhan sarana dan prasarana sekolah dapat terstruktur dan mengerti dengan jelas langka apa yang akan dilakukan.

English Abstract

Fulfillment of school facilities and infrastructure is the efforts made by the school to fulfill, school facilities in accordance with the standards set by the government that aim to support student learning. This study aims to determine the implementation of school facilities and infrastructure fulfillment policies at SMP 3 Kepanjen and to know what supporting and inhibiting factors the school faces in implementing the implementation of school facilities and infrastructure policies in supporting student learning. The process of this research, the author uses a type of descriptive research using a qualitative approach. This research was conducted in May 2019 which is located in Kepanjen Malang Regency with a research cycle at Kepanjen Junior High School 3. The school indicator indicators studied were the procedures performed by Junior High School 3 in the fulfillment of school facilities and infrastructure, implementing actors and recipients in the fulfillment of school facilities and infrastructure, compliance with school facilities and infrastructure with Permendiknas No. 24 of 2007, fulfillment of school facilities and infrastructure in supporting student learning The results of the study that in the implementation of the Policy for Fulfilling school facilities and infrastructure in supporting the learning of students at Kepanjen Junior High School 3, namely SMP 3 Kepanjen in fulfilling school facilities and infrastructure using existing procedures such as, Planning, procurement, Inventory, Maintenance and Removal of facilities and school infrastructure. Kepanjen Junior High School 3. Students at Kepanjen Junior High School 3 also said that the facilities and infrastructure greatly influenced them in the learning process so that according to them it was very important that school facilities and infrastructure at the National Junior High School 3 maintain good school facilities and infrastructure. The author formulates the following suggestions: there are a number of school facilities and infrastructure that have not been properly maintained should be optimized in the maintenance not focusing on new school infrastructure, students also take care of existing school facilities and infrastructure, so that with maintenance from the infrastructure facilities schools and students, school infrastructure will be durable and not easily damaged, and the last facility and infrastructure team can use existing implementation theories so viii that policy implementation in meeting school facilities and infrastructure can be structured and clearly understand what is rare to do.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/622/051909469
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.34 Planning and policy making
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:41
Last Modified: 02 Feb 2023 04:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175248
[thumbnail of Shinta Anjani Trisna (2).pdf] Text
Shinta Anjani Trisna (2).pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item