Firdaus, Khansa Nisrina (2019) Perbedaan Efektifitas Antara Stimulasi Bahasa dengan Metode Glenn Doman Melalui Kartu Edukasi Bergambar dan Kartu Edukasi Tulisan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah di Kelompok B TK Al-Jihad Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Periode prasekolah pada anak merupakan masa optimal dalam pertumbuhan dan perkembangan, seringkali disebut golden age. Perkembangan bahasa menjadi salah satu indikator dari kemampuan berbicara dan ketrampilan berbahasa anak. Pada usia prasekolah, sering juga terjadi masalah keterlambatan bahasa. Sehingga, diperlukan stimulasi bahasa yang tepat untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak dengan menggunakan intervensi kartu edukasi bergambar dan kartu edukasi tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektifitas antara stimulasi bahasa dengan metode Glenn Doman melalui kartu edukasi bergambar dan kartu edukasi tulisan terhadap perkembangan bahasa anak usia prasekolah di kelompok B TK Al-Jihad Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasi Experimental dengan jenis pre test-post test one group design dan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 32 anak yang diteliti pada bulan Februari-Maret 2019 menggunakan instrument penelitian DDST II (Denver Development Screening Test II) sebagai alat ukur perkembangan bahasa. Hasil uji Mann Whitney p value 0.551 > 0.05, menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan efektifitas stimulasi bahasa dengan metode Glenn Doman melalui kartu edukasi bergambar dan kartu edukasi tulisan terhadap perkembangan bahasa anak usia prasekolah di kelompok B TK Al-Jihad Kota Malang. Sehingga kartu edukasi bergambar maupun kartu edukasi tulisan memeiliki keefektifan yang dapat digunakan sebagai media stimulasi bahasa anak usia prasekolah.
English Abstract
Golden age is an optimal period of growth and development. Language development as one of the indicator of speaking skill and children’s language development does eventually delayed in preschool period. It is necessary to give appropriate language stimulation to improve developmental by using flashcard as an intervention. The purpose of this study is to determine the difference in the effectiveness of Glenn Doman’s language stimulation method using an illustrated flashcard and writing flashcard to the language development of preschool children in group B. This quasi experimental study was conducted using pre test-post test one group design involving 32 children in February-March 2019. The development of language was measured by DDST II (Denver Development Screening II). Analysis using Mann Whitney test showed p-value 0.551 > 0.05. It concluded that there is no difference in the effectiveness of Glenn Doman’s language stimulation method using an illustrated flashcard and writing flashcard to the language development of preschool children group B of Al-Jihad Kindergarten in Malang. Thus, both illustrated and writing flashcard can be used to stimulate the preschool’s language development.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FK/2019/113/051909212 |
Uncontrolled Keywords: | anak pra sekolah, perkembangan bahasa, kartu edukasi, preschool children, language development, flashcard |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.9 Pediatrics and geriatrics > 618.92 Pediatrics / Infants--Care / Infants--Development > 618.928 55 Speech disorders in children |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kebidanan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 04:27 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 07:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175237 |
Preview |
Text
Khansa Nisrina FirdausOK.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |