Analisis Kepribadian Tokoh Utama Maquia dalam Anime Sayounara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou Karya Mari Okada (Kajian Psikolog Sastra)

Prasadana, Caraka (2019) Analisis Kepribadian Tokoh Utama Maquia dalam Anime Sayounara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou Karya Mari Okada (Kajian Psikolog Sastra). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepribadian adalah perilaku atau sifat yang dimiliki seseorang dan menjadi kekhasan tersendiri bagi masing-masing individu. Untuk meneliti sebuah kepribadian, dibutuhkan teori yaitu teori psikologi. Penelitian ini akan meneliti sebuah kepribadian di dalam karya sastra yaitu anime yang berjudul Sayounara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou karya Mari Okada dan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh utama dan dinamika kepribadian tokoh utama Maquia. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis dengan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik observasi. Penelitian dilakukan dengan mengklasifikasikan data sesuai dengan struktur kepribadian dan dinamika kepribadian Sigmund Freud Hasil penelitian ini menunjukan kepribadian Maquia berdasarkan struktur kepribadian dan dinamika kepribadian. Maquia yang sebelumnya adalah gadis kecil yang penakut, berubah menjadi seseorang dengan kepribadian kuat dan berani. Hal ini dikarenakan ego Maquia mampu memutuskan pilihan yang paling realistis. Maquia juga mampu melalui berbagai masalah dan kecemasan yang ada pada dirinya. Maquia berubah menjadi seorang wanita dewasa secara psikis yang terus berusaha bangkit dan mencari jawaban untuk setiap masalah yang dihadapi.

Other obstract

性格は、各人が所有する特別な特性や行動である。性格を研究するためには、心理理論が必要だ. 本研究は、岡田麿里のさようならの朝に約束の花をかざろうの性格を調べる。そして、主人公の性格構造と主人公の性格動態を記述することを目的とする。 この研究はジークムントフロイトの精神分析理論を使うことになった。使われた研究方法は記述分析法を使用し、データ集まりにも観測技術に支えられました。分析は、ジークムントフロイトの性格構造と性格動態に従ってデータを分類することによって行われる。 この研究の結果は、性格構造と性格動態に基づいて、マキアの性格を示すことになる。臆病な少女だったマキアは、強くて勇敢な人格を持つ人になった。マキアのエゴが最も現実的な選択を決定できるからだ。そしてマキアに存在する様々な問題や不安を乗り越えることもできる。マキアは心理的に成熟した女性になり、直面したあらゆる問題に対する答えを見つけ続けようとし続けた。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/231/051908689
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Psikologi sastra, Psikoanalisis Sigmund Freud
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 155 Differential and development psychology > 155.2 Individual psychology > 155.25 Development and modification of character and personality
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 Oct 2020 05:27
Last Modified: 27 Mar 2024 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175213
[thumbnail of Caraka Prasadana.pdf] Text
Caraka Prasadana.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item