Gambaran Neet Pada anime No Game No Life Karya Sutradara Atsuko Ishizuka

Numnaumatuzzulaichoh, Audina (2019) Gambaran Neet Pada anime No Game No Life Karya Sutradara Atsuko Ishizuka. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

NEET merupakan sebutan bagi orang berusia 15-34 tahun yang tidak bekerja dan tidak terlibat dalam usaha pencarian kerja, yang di dalamnya tidak termasuk pelajar dan orang yang terlibat urusan rumah tangga. Jenis NEET antara lain yaitu menarik diri dari masyarakat dan menghabiskan waktu bersama teman. Karakteristik NEET antara lain, malas, tidak berusaha mencari pekerjaan, dan sebagainya. Jenis dan karakteristik NEET tersebut tergambar pada tokoh Sora dalam anime Jepang yang berjudul No Game No life karya sutradara Atsuko Ishizuka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dan teori sosiologi sastra, serta tinjauan umum tentang NEET yang digunakan untuk menganalisis pencerminan karakteristik NEET dalam sebuah karya sastra berupa anime. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu tokoh yang terdapat pada anime No Game No Life yang bernama Sora memiliki jenis NEET, yaitu menarik diri dari masyarakat (Tsunagari wo Ushinau) dan menghabiskan waktu bersama teman (Setsuna wo Ikiru). Tokoh Sora memiliki karakteristik NEET seperti kesehariannya yang diisi dengan hal tidak berguna, anti sosial, tidak memiliki banyak teman, menjadi parasit bagi orang lain, tidak mau bekerja dan bahkan tidak mau berusaha mencari pekerjaan.

Other obstract

「ニート」とは、「学校に通学せず、独身で、職業訓練も受けていない、15~34歳までの個人」である。このニートのタイプには、社会からの撤退や友達との時間を過ごし方が含まれる。ニートの特徴には、怠け者であること、仕事を見つけようとしないことなどがある。ニートのタイプと特徴の説明は、石塚敦子の監督作品ノーゲーム・ノーライフのアニメに「そら」という名前のキャラクターに含まれている。 この研究では社会学的文学の反映を使った。研究の方法は記事分解析を使った。研究の対象はニートの特徴を分折するため、アニメを使った。 この研究の結果は、「そら」という名前の「無生無アニメ」ゲームのキャラクターは「ニート」の一種であることを示している。それは社会から撤退する「つながり」や「友達と過ごす時間」の一種である。「そら」という名前のキャラクターはニートのような特徴を持っています、その日常生活は無駄で反社会的で多くの友達がいない、他人の寄生虫になる、仕事をしたくない、仕事を見つけようとさえしないものでいっぱいである。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/222/051908680
Uncontrolled Keywords: Anime No Game No Life, Jenis NEET, Karakteristik NEET, Usia 15-34 Tahun, Sosiologi Sastra
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 808 Rhetoric and collections of literary texts from more than two literatures > 808.8 Collections of literary texts from more than two literatures > 808.83 Collections of fiction > 808.830 952 Collections of fiction (Japan)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Oct 2020 07:18
Last Modified: 27 Mar 2024 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175199
[thumbnail of Audina Numnaumatuzzulaichoh.pdf] Text
Audina Numnaumatuzzulaichoh.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item