Aktualisasi Diri Tokoh Oreki Hotaro dalam Novel Hyouka Karya Yonezawa Honobu

Anantama, Destya Elizha (2019) Aktualisasi Diri Tokoh Oreki Hotaro dalam Novel Hyouka Karya Yonezawa Honobu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang novel Hyouka, yang menceritakan tentang Oreki Hotaro dan upaya aktualisasi dirinya ditengah semua permasalahan yang dihadapi, dengan gaya hidup “hemat energi” yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses aktualisasi diri tokoh Oreki Hotaro dalam novel Hyouka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori psikologi sastra, dengan menggunakan pendekatan hierarki kebutuhan Abraham Maslow. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif analisis. Sesuai dengan hasil penelitian yang diperoleh, tokoh Hotaro dapat memenuhi semua kebutuhan dengan baik, yakni 1) Kebutuhan fisiologis terpenuhi dengan meminum kopi, berpakaian seragam dan kasual layaknya siswa SMA, tinggal di rumah bersama orang tua, dan menjadikan sekolah layaknya rumah ke dua. 2) Kebutuhan akan rasa aman terpenuhi ketika Hotaro berhasil melindungi diri dari masalah yang berupa hal-hal merepotkan dan mengancam keteraturan hidupnya yang berasal dari kakak perempuan dan teman-temannya. 3) Kebutuhan akan cinta dan keberadaan terpenuhi dari kasih sayang seorang kakak dan dari teman-teman barunya yang tergabung dalam Klub Sastra Klasik yang selalu mengandalkan dan menerima keberadaan Hotaro. 4) Kebutuhan akan penghargaan terpenuhi dari banyaknya pujian yang diberikan oleh teman-teman Hotaro kepada Hotaro. 5) Hotaro dapat mengungkapkan segala potensi yang dimilikinya dan dapat mengekspresikan dirinya. Hotaro yang awalnya merupakan individu dengan cara hidup hemat energi dan keabu-abuan, perlahan berubah menjadi seseorang yang hidup berwarna-warni dan penuh vitalitas.

Other obstract

本研究では、『省エネ』のライフスタイルで自己実現に達するための 折木奉太郎の試みについて語っている『氷菓』小説について論じる。研究 の目的は、『氷菓』小説の折木奉太郎の自己実現の過程を知るためである。 本研究では文学の心理学の理論と、マズローの欲求階段を使用した。 研究方法は定性的な記述方法を使用した。 研究の結果によると、折木奉太郎はすべての欲求を満たすことができ る。例は次のようで述べる:1)生理的の必要性は、コーヒーを飲み、高校 生のように詰襟とカジュアル服装をし、両親と一緒に家に住み、学校をセ カンドハウスのように扱うことによって満たされた。2)安全の必要性は、 折木奉太郎は姉と友人が起かした問題から身を守ることができた。3)愛 情と存在感の必要性は、折木奉太郎の存在を常に受け入れる姉と古典部で 新しい友達からの愛情をもらった。4)賞の必要性は、折木奉太郎は友達 から多くの賞賛をもらった。5)自己実現が達成されたのは、最初にエネ ルギー効率しすぎ、灰色げだった人生を送ってきた折木奉太郎は、だんだ んカラフルで活気のある生活に変わった。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/216/051908675
Uncontrolled Keywords: aktualisasi diri, penokohan, psikologi sastra, hierarki kebutuhan.
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 808 Rhetoric and collections of literary texts from more than two literatures > 808.8 Collections of literary texts from more than two literatures > 808.83 Collections of fiction > 808.830 952 Collections of fiction (Japan)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Oct 2020 07:13
Last Modified: 27 Feb 2023 04:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175191
[thumbnail of Destya Elizha Anantama.pdf] Text
Destya Elizha Anantama.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item