Samosir, Robby Stevanus (2019) Strategi Nation Branding Qatar “Qurated For You” Pada Tahun 2018-2019. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Qatar merupakan negara yang terletak pada kawasan Timur Tengah dan tergabung kedalam anggota Gulf Cooperation Council (GCC). Pada bulan juni 2017, negara seperti United Arab Emirates, Bahrain, dan Saudi Arabia dan Egypt, bersama melakukan pemutusan hubungan diplomatik dengan Qatar. Kebijakan ini diambil atas dasar adanya tuduhan terhadap pemerintah Qatar, yang menurut Arab Saudi dan UAE mendukung gerakan kelompok teroris. Penyebab lainnya adalah adanya kedekatan hubungan antara Qatar dan Iran yang memicu ketegangan diantara negara tetangganya. Salah satu bentuk dari terjadinya krisis diplomatic ini adalah berupa pemutusan jalur transportasi baik darat, udara, maupun laut, yang berdampak langsung terhadap perekonomian Qatar. Salah satunya adalah sektor Tourism, yang menunjukkan angka penurunan yang cukup signifikan. Oleh karena itu pemerintah Qatar berusaha untuk memulihkan kembali sektor pariwisatanya salah satunya melalui peluncuran straregi global tourism pertamannya yaitu Qatar.”Qurated for you”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi nation branding Qatar pada tahun 2018-2019 dengan menggunakan konsep nation branding oleh Keith Dinnie, yang memiliki 11 variabel elemen spesifik strategi yang digunakan dalam melihat strategi nation branding yang dijalankan oleh sebuah negara.
English Abstract
Qatar is a country located in middle east region and also part of the gulf cooperation council countries. In june 2017 United Arab Emirates, Bahrain, Saudi Arabia, Egypt released coordinated statements, announcing a diplomatic break with Qatar. This policy taken based on the accusation towards Qatar Government, who the Saudi’s and Emirati’s claim are supporting terrorist group movement. As well as being far too close with Iran, their regional archrival which led into tention. One of the result from this diplomatic crisis is, discontinuance of an air, sea and land links which had an direct impact towards Qatar economy. One of them is tourism sector which showed there is a significant number decline from visitors in 2018. Therefore the Qatary Government trying to restore Qatar Tourism by creating the first global tourism campaign “Qatar.Qurated for you”. This research aim to see how Qatar nation branding strategy in 2018-2019 using Keith Dinnie nation branding concept, which has 11 element specific of strategies used by a single country to operate their nation branding strategy.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/917/051909751 |
Uncontrolled Keywords: | Qatar, Nation Branding Strategy, Qurated for you |
Subjects: | 300 Social sciences > 327 International relations > 327.1 Foreign policy and specific topics in international relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 12 Nov 2020 22:45 |
Last Modified: | 12 Nov 2020 22:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |