Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Kuliner Indonesia Untuk Pembelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat B1

Manda, Mareta Sari (2019) Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Kuliner Indonesia Untuk Pembelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat B1. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat evaluasi berupa instrumen tes yang layak dan terstandar dalam mengukur kemampuan berbahasa pembelajar BIPA tingkat B1 di Universitas Brawijaya. Penelitian ini menghasilkan kisi-kisi, soal tes, dan rubrik penilaian beserta penskorannya. Model penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Jenis data berupa data analisis kompetensi, pembelajar, materi, uji validasi ahli dan praktisi, dan nilai hasil tes pembelajar. Sumber data dari ahli materi, ahli evaluasi, praktisi, dan enam pembelajar BIPA tingkat B1. Hasilnya adalah instrumen tes berbasis kuliner Indonesia ditinjau dari aspek kelayakan isi layak untuk diterapkan karena akurat dengan tujuan pembelajaran, materi, tema dan kebutuhan pembelajar BIPA tingkat B1. Besaran persentase kelayakannya rata-rata 92,6% dengan kategori sangat baik. Dari segi bahasa telah memenuhi indikator pemilihan kata, penyusunan kata, ejaan, dan ragam bahasa. Besaran persentase kelayakannya ratarata 85,94% dengan kategori sangat baik. Dari segi sistematika penyajian telah memenuhi kualifikasi sangat baik karena memiliki kekonsistenan sistematika, keseimbangan antar keterampilan berbahasa, keruntutan konsep, kesesuaian ilustrasi dengan tema, dan penyajian soal yang variatif. Besaran persentase kelayakannya rata-rata 90,11% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba instrumen tes menunjukan bahwa pembelajar BIPA yang telah mencapai ketuntansan nilai minimal 466 sebanyak enam orang atau 100%. Jadi, pembelajar BIPA tingkat B1 dalam tes kenaikan tingkat, mencapai ketuntasan keterampilan berbahasa karena pembelajar telah mencapai tujuan pembelajaran dan telah menguasai materi keterampilan berbahasa.

English Abstract

This study aims to develop evaluation tools in the form of appropriate and standardized test instruments in measuring the language skills of ILF level B1 students in Universitas Brawijaya. This research produced a grid, test questions, and assessment rubrics along with scoring. This research model refers to the ADDIE development model. The type of data is in the form of competency analysis data, learners, material, expert and practitioner validation tests, and learner test results. Data sources from material experts, evaluation experts, practitioners, and six ILF level B1 learners. The result is an Indonesian culinarybased test instrument in terms of the feasibility aspect the content is feasible to apply because it is accurate with learning objectives, material, themes and ILF level B1 learner needs. The percentage of eligibility is 92.6% with a very good category. In terms of language has met the indicators of word selection, word preparation, spelling, and various languages. The percentage of eligibility is 85.94% with a very good category. In terms of systematics, presentation has met excellent qualifications because it has systematic consistency, balance between language skills, conceptual wrangling, suitability of illustrations with themes, and presentation of various questions. The percentage of eligibility is 90.11% with a very good category. The results of testing the test instruments show that ILF learners who have achieved a minimum score of 466 as many as six or 100%. So, ILF learners at level B1 in the level increase test, achieve mastery of language skills because the learner has achieved the learning goals and has mastered the language skills material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/200/051908763
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, instrumen tes, berbasis kuliner Indonesia, dan model ADDIE-development research, instrumen tests, Indonesian culinary based, and ADDIE models.
Subjects: 400 Language > 401 Philosophy and theory; international languages > 401.4 Communication; semantics, pragmatics, languages for special purposes > 401.47 Languages for special purposes
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:40
Last Modified: 06 Mar 2024 07:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175045
[thumbnail of Mareta Sari Manda.pdf] Text
Mareta Sari Manda.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item