Samudera, Firman Bangun (2019) Variasi Penggunaan Bahasa pada Papan Nama Toko di Ruang Publik Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penggunaan bahasa merupakan bentuk perwakilan dari penutur yang menggunakan bahasa tersebut. Bentuk keterwakilan tersebut dapat dilihat melalui bahasa yang digunakan sehari-hari. Selain dari bahasa yang digunakan sehari-hari, penggunanaan tersebut juga tercermin di ruang publik yang dilihat melalui penamaan toko. Penelitian ini menggunakan prinsip lanskap linguistik dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode dokumentasi untuk mengambil dan mengolah data. Data yang didapatkan berjumlah 265 data, dari data tersebut dikelompokkan berdasarkan jenis usaha dan penggunaan bahasa. Terdapat 10 jenis usaha yang telah dikategorikan. Sepuluh jenis usaha tersebut diantaranya, kuliner, otomotif, kesehatan, salon, teknologi, fotokopi-percetakan, penyedia jasa, kebutuhan pokok, mode, dan toko barang spesifik. Analisis dari penelitian ini bertumpu pada aspek penggunaan bahasa atau teks dan aspek non-verbal dari perwakilan 10 jenis usaha tersebut. Dari pengkategorian tersebut menghasilkan kekhasan penggunaan bahasa dan non-verbal tiap jenis usaha. Hasil dari penelitian ini menggungkapkan bahwa (1) penggunaan bahasa Indonesia pada penamaan toko lebih dominan dibandingkan bahasa lain dengan jumlah 131 dan persentase 49.4%, penggunaan bahasa Inggris dengan jumlah 56 dan memiliki persentas 21.1%, Indonesia-Inggris dengan jumlah 53 data dan memiliki persentase 20.0%. Bahasa Indonesia masih mendominasi dalam penamaan toko. (2) seluruh jenis usaha lebih banyak menggunakan penamaan dengan bentuk frasa yang memberikan makna kepemilikan. (3) masing-masing jenis usaha memiliki kekhasan antara aspek teks dan non-verbal.
English Abstract
The use of language is a form of representation from speakers who use the language. This form of representation can be seen through the language used daily. Apart from the language used in daily, is also reflected in the public space seen through the naming of shops. This study uses the principle of linguistic landscape with a descriptive qualitative approach and a method of documentation for retrieving and processing data. The data obtained amounted to 265 data, from the data grouped by type of business and language usage. There are 10 types of businesses that have been categorized. Ten types of businesses include culinary, automotive, health, beauty shop, technology, photocopying-printing, service providers, basic needs, fashion, and specific goods stores. The analysis of this study relies on aspects of the language use or text and non-verbal aspects of the representatives of the 10 types of businesses. From this categorization results in the distinctiveness of language and non-verbal usage of each type of business. The results of this study reveal that (1) the use of Indonesian in store naming is more dominant than other languages with the number 131 and percentage 49.4%, use of English with a number of 56 and percentage of 21.1%, Indonesian-English with a total of 53 data and percentage 20.0%. Indonesian still dominates in naming stores. (2) all types of businesses use naming with phrases that give ownership meaning. (3) each type of business has a distinctiveness between the text and non-verbal aspects.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIB/2019/12/051908534 |
Uncontrolled Keywords: | Lanskap Linguistik, Papan Nama Toko, Penggunaan Bahasa-Linguistic Landscape, Shop Sign, Language Usage |
Subjects: | 400 Language > 401 Philosophy and theory; international languages > 401.4 Communication; semantics, pragmatics, languages for special purposes > 401.47 Languages for special purposes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 07:40 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 04:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175024 |
![]() |
Text
Firman Bangun Samudera.pdf Download (13MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |