Kesulitan Yang Dihadapi Oleh Mahasiswa Bahasa Jepang Dalam Mengerjakan Soal Menyimak (Choukai) Japanese Language Proficiency Test (JLPT) N3

Rakanita, Dhea Distiani (2019) Kesulitan Yang Dihadapi Oleh Mahasiswa Bahasa Jepang Dalam Mengerjakan Soal Menyimak (Choukai) Japanese Language Proficiency Test (JLPT) N3. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada setiap bahasa pasti memiliki tes sertifikasinya masing-masing. Salah satunya dalam bahasa Jepang ada tes sertfikasi yang dinamakan Japanese Language Proficiency Test atau disingkat menjadi JLPT. JLPT level N3 wajib dimiliki oleh mahasiswa bahasa Jepang untuk syarat kelulusan. Teori yang digunakan pada penelitian kali ini adalah teori menyimak oleh Tarigan dan teori JLPT yang oleh The Japan Foundation dan Japan Educational Exchanges and Services (JEES) yang menyatakan Japanese Language Proficiency Test merupakan tes sertifikasi yang wajib dilakukan untuk dapat sekolaha atu bekerja di Jepang. teori ini dapat diakses melalui https://www.jlpt.jp/e/reference/materials.html. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk memecahkan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Jenis soal yang bagaimana, yang paling sulit menurut mahasiswa yang sudah lulus dan belum lulus JLPT N3 saat mengerjakan soal choukai JLPT N3?, (2) Apa saja kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa yang sudah lulus dan belum lulus JLPT N3, pada saat mnegerjakan soal choukai dalam JLPT N3 dari setiap mondai yang dikerjakan?, (3) Apa saja saran dari mahasiswa yang sudah lulus JLPT N3 untuk mengerjakan soal choukai dalam JLPT N3?. Hasil penelitian ini adalah mondai 5 adalah mondai yang paling sulit dibandingkan dengan mondai lainnya. Dengan adanya motivasi dan belajar mahasiswa, seharusnya mahasiswa tidak mengalami kesulitan. Tapi ternyata mahasiswa masih menghadapi kesulitan yang hampir sama antara mahasiswa yang sudah lulus dan belum lulus JLPT N3.

Other obstract

本研究ではタリガンの聴解のセオリーとThe Japan FondationとJapan Educational Exchanges Services (JEES)のセオリーを使います。本研究では定性的で記述的な研究が行います。研究の問題は(1)合格と不合格大学生に対して日本語能力試験の聴解の問題に、どんな問題が一番難しい(2)合格と不合格大学生に対して日本語能力試験の聴解問題を取り組む時、どんな問題が行われてる(3)合格大学生からの助言。 結果としては日本語能力試験の聴解問題には大学生に対して一番難しい問題なのは問題5。合格と不合格大学生に対しては日本語能力試験の聴解問題を取り組む時、それぞれの問題が行われてるんですけど、合格と不合格大学生に直面したのはほぼ同じです。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/10/051908532
Uncontrolled Keywords: Kesulitan, Menyimak, JLPT, N3
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.65 Japanese (Grammar)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:39
Last Modified: 05 Mar 2024 04:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175019
[thumbnail of Dhea Distiani Rakanita.pdf] Text
Dhea Distiani Rakanita.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item